Review Game

Angry Birds 2, Seri Baru dengan In-App Purchase Berlebihan

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 21 Aug 2015 09:37 WIB
review game indonesia
Angry Birds 2, Seri Baru dengan In-App Purchase Berlebihan
Angry Birds 2 hadirkan berbagai nuansa baru

Metrotvnews.com, Jakarta: Rovio kembali merilis seri terbaru dari franchise Angry Birds. Semacam revolusi, Angry Birds 2 sudah menjadi salah satu game terfavorit untuk gamer berbasis iOS dan Android. Walaupun inti gameplay yang disajikan tidak berbeda dengan seri sebelumnya, Rovio berhasil menambahkan berbagai sentuhan baru yang membuat permainan semakin menarik.

Angry Birds 2 masih mengisahkan para burung mungil yang marah akibat telur mereka yang dicuri oleh para babi hijau (banyak yang bilang babi hijau ini sama imutnya dengan para burung). Red dan temannya marah dan memutuskan untuk menghancurkan semua markas piggies yang mereka temui. Cara menghancurkannya masih sama, yaitu dengan melontarkan dirinya ke arah markas piggies dengan ketapel.


Antarmuka dan Sistem leveling kali ini dirancang mirip dengan Angry Birds Epic, yaitu dengan menghadapkan para burung marah ini dengan boss setiap 5-10 level. Begitu masuk ke sebuah level, pemain harus berhadapan lebih dari satu sub-level, yang berarti semakin banyak markas piggies yg harus dihancurkan.

Efek kerusakan yang dihasilkan kali ini memang lebih seru, dan saya pastikan Rovio berhasil meyakinkan gamer bahwa gaya permainan dari Angry Birds tidak pernah membosankan. Animasi dan kualitas grafis mendapat peningkatan yang cukup banyak. Hal ini bisa dilihat dari tampilan menu utama yang telah berubah, tak lupa dengan penyampaian kisah singkat pada awal permainan.

Angry Birds 2 juga mempunyai sistem tutorial yang lebih baik, yang bisa dilihat dari penuturan cara bermain melalui tulisan, bukan hanya isyarat gambar. Setiap kali menyelesaikan level, papan penghitung skor untuk mementukan berapa bintang yang didapatkan juga lebih menarik.

Saya sangat menyayangkan fitur in-app purchase yang berlebihan pada Angry Birds 2. Game ini memastikan pemainnya tidak bisa mengulang satu level dalam jumlah yang tidak terbatas. Pemain diberikan life point yang dapat diisi dengan gem atau menunggu waktu sampai terisi otomatis. Sudah pasti gem ini dapat dibeli dengan uang, dan untuk mendapatkannya secara gratis tidak akan mudah. Padahal, mengulang satu level selalu menjadi favorit gamer Angry Birds demi mendapatkan skor tertinggi.

Jumlah burung yang tersedia dalam satu level kali ini lebih sedikit. Anda harus menyelesaikan satu level yang memiliki tiga sub-level dengan maksimal sampai empat burung. Jika sulit, satu sub-level meminta Anda untuk melontarkan setidaknya dua burung.

Pemain bisa saja mendapat burung tambahan dengan syarat menciptakan kerusakan yang cukup parah pada markas piggies. Jika kehabisan burung mungil, maka pemain akan ditawari untuk menghadirkan kembali burung itu dengan gem, atau mengakhiri permainan.


Power-up untuk mempercepat penyelesaian level memang menarik, tetapi jumlahnya cukup terbatas jika Anda ingin memilikinya secara cuma-cuma. Rovio menyebutkan dengan spell card, dan terdiri dari lima macam dengan kemampuan khusus. Bila ingin menggunakannya terus menerus, siapkan gem Anda dalam jumlah yang banyak.

Satu mode yang cukup istimewa adalah The Arena, yang menjadi wadah para pemain untuk saling adu kekuatan dengan log in akun Facebook. Sayangnya, fitur ini tidak akan begitu menarik perhatian gamer karena karakteristik utama Angry Birds adalah berbagai level unik disediakan Rovio.

Angry Birds 2 sebenarnya memiliki berbagai kelebihan, sayangnya semua kelebihan itu harus diboncengi dengan fitur in-app purchase yang juga berlebihan. Anda bisa bayangkan seorang anak kecil yang diberikan permen lollipop gratis, tetapi untuk membuka bungkusnya saja, ia harus mengeluarkan uang. In-app purchase yang tidak wajar sudah lebih dari cukup bagi saya untuk tidak memberikan skor yang lebih baik.


Platform: Android, iOS
Developer: Rovio Entertainment
Update Terakhir: 29 Juli 2015
Jenis: Casual
Situs Resmi: http://www.angrybirds2game.com/
 

Angry Birds 2

 

6,5

  • Berbagai sentuhan baru dari segi gameplay
  • Kualitas grafis lebih baik
  • Sistem in-app purchase sangat berlebihan
 



(ABE)

Fahri Sebut Nazaruddin Kesal Asimilasinya Ditunda

Fahri Sebut Nazaruddin Kesal Asimilasinya Ditunda

2 hours Ago

Fahri membeberkan, di dalam Lapas Nazar memiliki body guard yang bertugas melindungi dan …

BERITA LAINNYA