Kim Jong-Un Perintahkan Prajurit untuk Siap Berperang

Fajar Nugraha    •    Jumat, 21 Aug 2015 09:39 WIB
perang korea
Kim Jong-Un Perintahkan Prajurit untuk Siap Berperang
Kim Jong-Un perintahkan siap tempur (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un memerintahkan pasukannya untuk siap berperang. Perintah ini ditujukan untuk menghadapi Korea Selatan (Korsel).

Kantor Berita Korea Utara KCNA melaporkan bahwa Jong-Un langsung yang mengeluarkan perintah ini.

"Kim Jong-Un mengeluarkan perintah kepada komandan tertinggi dari Tentara Rakyat Korea (KPA), bahwa mereka yang berada di garis depan harus siap menghadapi kondisi perang. Mereka harus siap melakukan operasi rahasia," sebut KCNA, menirukan ucapan Jong-Un, seperti dikutip Express, Jumat (21/8/2015).

Jong-Un mengancam untuk melakukan tindakan militer jika 'penggila perang' di Korea Selatan (Korsel), terus melontarkan propaganda anti-Korut di sekitar wilayah perbatasan menggunakan pengeras suara.

Sementara warga Korsel di wilayah perbatasan, dievakuasi setelah munculnya kekhawatiran setelah Korut melontarkan roket dari perbatasan ke dalam wilayah Korsel pada Kamis (20/8/2015). Hal tersebut memicu serangan balasan dari Korut.

Sekitar 80 orang di Yeoncheon diamankan di dalam bunker dalam tanah saat roket menyerang. Pihak berwenang pun mendesak warga untuk menyelamatkan diri.

Perintah yang dikeluarkan oleh Kim Jong-Un ini serupa dengan perintah yang dikeluarkan oleh Presiden Korsel Park Geun-Hye yang memerintahkan militernya dalam kondisi siap tempur.

Perintah dari Presiden Park ini disampaikan oleh Juru Bicara Kepresidenan, Min Kyung-wook. Menurut Min, Park sudah diberikan penjelasan mengenai insiden di perbatasan Barat Korsel.
 


(FJR)