Suguhan Khas Sunda untuk Jusuf Kalla

Roni Kurniawan    •    Jumat, 21 Aug 2015 09:58 WIB
sunda
Suguhan Khas Sunda untuk Jusuf Kalla
Kongres Paguyuban Pasundan Ke-42 di Bandung, Jawa Barat. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Atmosfer tradisional khas Sunda menghiasi ruang Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/8/2015). Dalam gedung tersebut, tengah berkumpul budayawan, tokoh dan elemen masyarakat Sunda untuk mengikuti Kongres Paguyuban Pasundan Ke-42. Kongres akan dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

Wakil Presiden tiba di lokasi sekitar pukul 09.00 WIB, bersama Menpan-RB dan Menkominfo. Tampak hadir pula Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Rangkaian kesenian khas Sunda silih berganti ditampilkan ke hadapan Wapres dan tamu undangan. Penampil pertama adalah kesenian pencak silat yang diperagakan dua bocah kecil. Usai terhipnotis oleh aksi kedua bocah tersebut, lima wanita penari jaipong turut unjuk kebolehan.

Berbeda dengan pertunjukan jaipong lainnya, kali ini musik pengiring merupakan kolaborasi musik tradisional dan orkestra. Perpaduan antara tradisional dan kekinian terpampang apik di atas panggung, berhias puluhan payung dan janur kuning, sebagai ciri khas dari tanah Pasundan.

Saat berita ini disusun, Wakil Presiden tengah bersiap untuk memberikan sambutan sekaligus membuka kongres.
(SAN)