Usai Ledakan Tianjin, Ribuan Ikan Ditemukan Mati

Fajar Nugraha    •    Jumat, 21 Aug 2015 10:00 WIB
ledakan tiongkok
Usai Ledakan Tianjin, Ribuan Ikan Ditemukan Mati
Foto: Corbis

Metrotvnews.com, Tianjin: Insiden ledakan di Pelabuhan Tianjin, Tiongkok menyisakan misteri lain. Ribuan ikan ditemukan mengambang tidak bernyawa di sebuah sungai yang jaraknya tidak jauh dari lokasi ledakan.

Pihak berwenang Tiongkok membantah bahwa penemuan ikan-ikan yang sudah mati ini, memiliki kaitan dengan ledakan di sebuah gudang di Pelabuhan Tianjin tersebut. 114 orang dilaporkan tewas dalam ledakan 12 Agustus 2015 itu.

Foto yang beredar di media massa memperlihatkan permukaan Sungai Hai yang dipenuhi ikan yang suda mati. Temuan ini menimbulkan kekhawatiran bahwa tim pembersih militer Tiongkok gagal melakukan tugasnya.

Warga mengkhawatirkan bahwa pihak militer tidak mampu mencegah bahan kimia bocor dari lokasi ledakan itu.

Pihak berwenang menyebutkan sekitar 40 tipe bahan kimia disimpan dalam gudang yang meledak. Ini termasuk bahan kimia seperti asam nitrat dan sodium sianida dalam jumlah banyak.

Tetapi kantor berita Xinhua mengatakan, level sianida tidak ada yang parah. Menurutnya, ikan yang ditemukan itu berada sekitar enam kilometer dari lokasi ledakan.

Kepala Pengawasan Lingkungan Tianjin Deng Xiaowen mengatakan, bersumpah untuk menyelidiki kematin ikan ini. Namun menurutnya hal ini sudah biasa.

"Amat lazim melihat ikan mati massal di sungai saat musim panas, ini disebabkan karena kualitas air yang buruk," ujar Deng, seperti dikutip Xinhua, Jumat (21/8/2015).

"Saat temperatur naik, oksigen akan menguap dan ikan akan mati kehilangan oksigen," lanjutnya.

Deng menegaskan pihaknya akan menyelidiki isu itu hingga tuntang. Sementara Kepala Asosiasi Nelayan Tianjin Zhang Yunli menegaskan, matinya ikan bisa menjadi hasil perubahan salinitas air yang terjadi setiap tahun.
 


(FJR)