Punya Penyakit Berat, Calon Haji Dipasangi Gelang Penanda

Meilikhah    •    Jumat, 21 Aug 2015 10:21 WIB
haji 2015
Punya Penyakit Berat, Calon Haji Dipasangi Gelang Penanda
Menag Lukman Hakim Saifuddin dan Menkes Nila Moeloek----MTVN/Meilikhah

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek memastikan seluruh jamaah calon haji kloter pertama embarkasi Jakarta Pondok Gede dalam kondisi sehat. Hanya, beberapa calon jamaah memang diberi perhatian khusus lantaran punya penyakit berat dan berisiko.

Kementerian Kesehatan pun memberikan tanda khusus bagi calon jamaah. Hal itu untuk memudahkan petugas medis dalam memberikan penanganan.

"Kalau yang sakit kita kasih gelang merah. Itu yang berisiko tinggi. Agar petugas tahu jamaah ini punya penyakit berisiko tinggi. Petugas juga akan memantau dan menyarankan jamaah agar menjaga kesehatan," kata Menteri Nila di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (21/8/2015).

Dari 450 calon jamaah haji yang diberangkatkan dari embarkasi Jakarta Pondok Gede Kloter I, kata Nila, sekitar 37 calon haji menggunakan gelang merah dengan penyakit risiko tinggi. Sedangkan 173 mengenakan gelang kuning dengan risiko sedang.

Dia juga mengingatkan jamaah menghindari tempat-tempat yang jadi endemik penularan virus mematikan dan berbahaya. Seperti, virus Mers dan Ebola.

"Kami meminta jamaah kalau tidak perlu-perlu amat jangan dekat-dekat unta apalagi minum susu mentah langsung dari unta dan jaga kebersihan. Kalau merasa sakit segera hubungi petugas, kalau bisa jangan sampai ke rumah sakit karena bisa jadi penularan penyakit itu melalui sana," jelas Nila.


(TII)