Menag Klaim Naik Haji Semakin Mudah dan Murah

Meilikhah    •    Jumat, 21 Aug 2015 10:25 WIB
haji 2015
Menag Klaim Naik Haji Semakin Mudah dan Murah
Gubernur Ahok, Menkes Nila, dan Menag Lukman Hakim-----MTVN/Meilikhah

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifudin mengklaim sudah meningkatkan fasilitas yang bisa didapatkan jamaah calon haji saat menunaikan ibadah. Selain biaya haji yang menurun, fasilitas kemudahan juga bisa didapatkan jamaah.

Fasilitas pertama yang ditingkatkan adalah penerbangan. "Layanan penerbangan kita seluruhnya di gelombang pertama langsung mendarat di Madinah, jadi enggak lewat Jeddah dulu. Hal ini jadi poin positif dan efisiensi untuk jamaah," kata Lukman, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Selatan, Jumat (21/8/2015).

Selain biaya murah dan penerbangan yang efisien, politikus PPP ini mengatakan, jamaah akan diinapkan di hotel-hotel dan pemondokan yang tak akan jauh dari Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

"Paling jauh itu empat kilometer dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi," kata Lukman.

Bagi jamaah haji yang tinggal sedikit lebih jauh dari dua masjid itu, pemerintah telah menyiapkan bus shalawat sebagai moda transportasi bagi jamaah. Bus tersebut beroperasi selama 24 jam.

Pemerintah, kata dia, juga akan mengganti karpet-karpet yang telah usang di Arafah untuk memberikan kenyamanan bagi jamaah haji. Bahkan, lanjut Lukman, pemerintah juga berupaya memberikan kenyamanan lain dengan memasang AC atau kipas angin dengan watercooler untuk memberikan kesegaran bagi jama


(TII)