2016, PLN Raih Kucuran Modal Terbesar Rp10 Triliun

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 21 Aug 2015 11:01 WIB
pln
2016, PLN Raih Kucuran Modal Terbesar Rp10 Triliun
Menteri BUMN Rini Soemarno -- FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah tahun depan dalam RAPBN 2016 akan mengucurkan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp31,25 triliun pada perusahaan pelat merah di bawah naungan Kementerian BUMN.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dalam rapat kerja bersama komisis VI DPR RI, Kamis (20/8/2015) malam. Di mana nantinya terdiri dari PMN tunai Rp28,75 triliun, dan nontunai Rp2,5 triliun. Sementara dari pagu PMN di bawah Kementerian BUMN, PT PLN (Persero) bakal mendapat kucuran modal paling tinggi yakni Rp10 triliun rupiah tahun depan.

"Yang terbesar untuk PLN Rp10 triliun sehubungan untuk elektrifikasi daerah terpencil untuk pembangunan transmisi 46 ribu kilometer (km), dihubungkan dengan jumlah subsidi listrik untuk PLN yang menurun lebih dari Rp23 triliun," kata Rini di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan.

Selain PLN, yang akan mendapatkan PMN besar yakni perusahaan-perusahaan jasa konstruksi, karena harus mengerjakan program infrastruktur ke depan sehingga memerlukan perluasan modal.

"Kami juga meminta PMN untuk Jamkrindo dan Askrindo, kami tambah program kredit usaha rakyat (KUR), tambahan subsidi bunga KUR," jelas dia.


(AHL)