Formappi Sebut Fahri Hamzah Inisiator Megaproyek DPR

Al Abrar    •    Jumat, 21 Aug 2015 11:21 WIB
Formappi Sebut Fahri Hamzah Inisiator Megaproyek DPR
Fahri Hamzah (kiri). Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) menyebut insiator dan penggagas tujuh megaproyek di DPR adalah Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Politikus Partai Keadilan Sejahtera tersebut juga merangkap Ketua Tim Implementasi Reformasi DPR.

"Bisa dibilang Tim Implementasi Reformasi yang diketuai Fahri yang melahirkan gagasan megaproyek ini," kata peneliti Formappi Lucius Karus kepada Metrotvnews.com, Jumat (21/8/2015).

Lucius menyayangkan Tim Implementasi ngotot membangun tujuh proyek senilai Rp1,6 triliun sesuai rekomendasi Kementerian Pekerjaan Umum.

"Jika DPR merupakan lembaga yang mewakili aspirasi masyarakat, maka suara protes publik tersebut harusnya menjadi satu aspirasi penting untuk dipertimbangkan," kata dia.

Sebagai lembaga politik, lanjut Lucius, DPR yang bergantung penuh pada kepercayaan masyarakat harus mempertanggungjawabkan kepercayaan itu melalui kerja-kerja prorakyat. Bukan malah membangun tujuh megaproyek tersebut.

"Kerja-kerja utama ke-parlemenan sudah jelas melalui fungsi-fungsi pokok mereka. Jika malas bekerja, seperti DPR yang sekarang ini, maka kepercayaan rakyat juga akan menurun. Dan tingkat kepercayaan yang rendah itu akan membuat apapun rencana DPR pasti akan ditentang rakyat," ujarnya.

Menurut Lucius, rakyat menentang pembangunan proyek tersebut karena selama ini DPR tak mampu meyakinkan bisa bekerja maksimal untuk rakyat.

"Bagaimana mau mendukung rencana pembangunan fasilitas jika dengan fasilitas yang ada mereka gagal memperlihatkan tanggung jawab yang besar kepada rakyat."
(TRK)