Gus Ipul Akan Bentuk Satgas Perlindungan Anak Tingkat RT

Amaluddin    •    Jumat, 21 Aug 2015 11:28 WIB
anak indonesia
Gus Ipul Akan Bentuk Satgas Perlindungan Anak Tingkat RT
Gus Ipul. (Antara/M Risyal Hidayat)

Metrotvnews.com, Surabaya: Aktivis dan pemerhati anak, Seto Mulyadi menyarankan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) membentuk satgas perlindungan anak hingga tingkat rukun tetangga (RT). Tujuannya, melindungi anak-anak dari ancaman kekerasan seksual.

Menanggapi usul itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mengaku akan membuat satgas perlindungan anak. Bukan hanya jajaran pemerintah, satgas juga beranggotakan penegak hukum. "Kalau bisa Ketua RT, RW, tokoh masyarakat, LSM, hingga Kejaksaan. Sehingga mereka bisa saling mengawasi," tutur Gus Ipul, di Surabaya, ditulis Jumat (21/8/2015).

Gus Ipul berpendapat, kekerasan pada anak harus mendapat perhatian serius. Sebab, anak-anak merupakan masa depan Indonesia. Sayangnya, masyarakat masih takut melaporkan tindakan itu ke polisi. Masyarakat masih menganggap tindakan kekerasan, khususnya seksual pada anak, sebagai aib yang mencoreng nama keluarga.

Padahal laporan mereka itu penting untuk mengatasi berbagai kasus kekerasan pada anak. "Sehingga kasus kekerasan pada anak-anak tidak terulang dan membuat pelaku jera," ujar Gus Ipul.


(SAN)