Kereta Berisi Emas Nazi Ditemukan di Polandia

Fajar Nugraha    •    Jumat, 21 Aug 2015 11:55 WIB
peristiwa unik
Kereta Berisi Emas Nazi Ditemukan di Polandia
Ilustrasi emas: (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Warsawa: Emas milik Nazi selalu menjadi incaran para pemburu harta karun. Dua pemburu harta karun mengklaim telah menemukan kereta yang berisi emas milik Nazi yang hilang sejak 1945.

Seorang pengacara yang bertindak sebagai perwakilan kedua pemburu harta karun tersebut mengabarkan penemuan ini kepada pihak berwenang di Walbrzych, Polandia. Melalui pengacara, kedua orang ini bagian 10 persen dari harta karun tersebut sebelum memberi tahu lokasi lokomotif.

"Kami melihat klaim ini sebagai klaim otentik dan mempertimbangkan informasi tersebut dengan serius," ujar pejabat daerah Walbrzych, Marika Tokarska, seperti dikutip ITV, Jumat (21/8/2015).

"Kami yakin sebuah kereta berhasil ditemukan," lanjut Tokarska.

Sejak pengakuan itu, pemerintah wilayah Walbrzych mengatakan bersedia untuk membayar hadiah atas penemuan kereta itu. Tetapi dengan syarat, kedua pemburu harta karun itu menyerahkan lokasi kereta dan memastikan bahwa penemuan ini asli.

Meskipun klaim itu seperti plot sebuah film, banyak yang tidak meragukannya. Warga setempat mengakui sudah lama mendengar kabar mengenai hilangnya sebuah kereta Jerman pada 1945, ketika pasukan Uni Soviet menutup jalur pasukan Nazi. Kereta lapis baja itu dilaporkan hilang saat menuju Walbrzych.

Pasukan Jerman sudah lama membangun jaringan terowongan bawah tanah dan bunker saat Perang Dunia II. Ketika kekuatan Nazi runtuh, sistem itu ditutup dengan sengaja demi menyembunyikan harta yang dicuri.

Jika memang kereta itu benar keberadaannya, bukan tidak mungkin kereta ini berisi emas dan karya seni bernilai tinggi yang dicuri Nazi pada saat Perang Dunia II.
 


(FJR)