Tiga Petugas Pemadam Tewas dalam Kebakaran Hutan AS

Fajar Nugraha    •    Jumat, 21 Aug 2015 12:02 WIB
amerika serikat
Tiga Petugas Pemadam Tewas dalam Kebakaran Hutan AS
Petugas pemadam kebakaran AS (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Washington: Petugas pemadam kebakaran di Amerika Serikat (AS) gugur dalam melakukan tugasnya. Mereka tewas saat berusaha padamkan kebakaran hutan di Washington.

Pihak berwenang setempat menggambarkan keadaan kepada stasiun televisi Seattle, bahwa ketiga petugas yang tewas itu dihadapkan pada kondisi 'badai neraka'.

Selain menewaskan tiga orang pemadam kebakaran, empat lainnya menderita luka-luka Rabu (19/8/2015) ketika melawan kobaran kebakaran hutan di negara bagian Washington di bagian barat laut Amerika Serikat.

Pihak berwenang mengatakan, pemadam kebakaran itu sedang melawan api yang bergerak cepat dan mengancam satu kota kecil di bagian tengah negara bagian itu ketika api berpindah. Kira-kira 1.500 warga di tiga kota di zona api diperintahkan mengungsi.

"Saya sangat berduka atas adanya korban jiwa itu," kata Gubernur negara bagian Washington Jay Inslee dalam pernyataan tertulis, seperti dikutip VOA Indonesia, Jumat (21/8/2015).

Inslee telah meminta pemerintah federal agar menyatakan keadaan darurat bagi negara bagian itu, yang akan menyediakan lebih banyak sumber daya guna membantu melawan puluhan kebakaran terpisah.

Ia mengatakan kebakaran itu telah menghancurkan 50 rumah dan 60 bangunan lain, dan menghabiskan lebih dari 95 ribu hektar lahan di seluruh negara bagian itu.

Badan cuaca nasional Amerika telah mengeluarkan peringatan siaga merah bagi bagian timur negara bagian Washington hingga Jumat malam, dengan angin kencang sampai 72 kilometer per jam dan diperkirakan ada hujan petir.

Kebakaran di negara bagian Washington adalah sebagian dari hampir 100 kebakaran besar yang sedang berkobar di seluruh bagian barat AS, termasuk California, Idaho, Montana dan Oregon, yang dipicu oleh kombinasi kekeringan dan cuaca panas.
 


(FJR)