JK Kena Sindir Tokoh Pasundan

Roni Kurniawan    •    Jumat, 21 Aug 2015 12:33 WIB
jusuf kallasunda
JK Kena Sindir Tokoh Pasundan
Kongres Paguyuban Pasundan Ke-42 di Bandung, Jawa Barat. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Polemik antara Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, menjadi bahan sindiran para pembicara pada acara pembukaan Kongres Paguyuban Pasundan ke-42 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/8/2015).

Jusuf Kalla yang hadir dalam acara tersebut, tampak tersenyum. Apalagi ketika Ketua Umum Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi melontarkan sindiran, JK hanya bisa tertawa.

"Bangsa ini harus saling gotong royong, harus jalin kebersamaan, jangan saling mencela, menikam. Boleh berbeda pendapat, tapi jangan sampai menjadi kekhawatiran bagi masyarakat luas. Karena masalah yang paling berbahaya di negara ini adalah ekonomi dan politik," ujar Didi.

Sindiran serupa diungkapkan Dewan Pembina Paguyuban Pasundan, Ginanjar Kartasasmita. Selaku sesepuh Sunda, ia sangat menyayangkan polemik di pemerintahan terkuak ke berbagai media. Namun, ia menyanjung kinerja JK yang sudah dua kali menjabat sebagai wakil presiden meskipun dalam dua periode yang berbeda.

"Saya sangat menyayangkan apa yang terjadi di pemerintahan sekarang (polemik JK dan Rizal Ramli). Tapi apapun itu, saya harapkan Pak JK semakin kuat untuk terus mengabdi pada negara. Apalagi, ini adalah kedua kalinya pak JK sebagai wakil presiden. Tentu sudah mempunyai segudang pengalaman," pungkasnya.


(SAN)