Posisi Pasar Kuat, Peringkat Waskita Karya idA

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 21 Aug 2015 13:05 WIB
waskita karya
Posisi Pasar Kuat, Peringkat Waskita Karya idA
Industri konstruksi membuat pasar Waskita Karya makin kuat. FOTO: Antara/Rekotomo

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) meraih peringkat single A (idA) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) untuk perusahaan dan obligasi II tahun 2012 dan obligasi berkelanjutan I tahun 2014.

‎"Kami berikan peringkat single A (idA) untuk perusahaan dan obligasi yang dijalankan untuk obligasi II 2012 dan obligasi berkelanjutan I tahun 2014," kata analis Pefindo ‎Haryo Koconegoro di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Dia menyebutkan, faktor pendukung dalam pemberian peringkat ini karena posisi pasar perseroan yang kuat di industri konstruksi domestik. Kendati kondisi ekonomi lemah, namun anak usaha di bidang jalan tol road terus memberikan kontribusinya.

"Waskita lebih bersaing dan memiliki kesempatan besar untuk proyek jalan tol," ujar Haryo," ucapnya.

Waskita juga mendapat keuntungan dari perusahaan BUMN konstruksi negara. Selain positifnya margin keuntungan, karena strategi diversifikasi usaha yang baik.

"Ditambah pemerintah yang mencanangkan pembangunan infrastruktur, perseroan menjadi satu perusahaan konstruksi yang mendapatkan kontrak," jelas dia.

Adapun faktor yang membatasi peringkat, dia menyebutkan, risiko meningkatnya leverage keuangan perusahaan. Kemudian, risiko dengan bisnis tol, dan sifat konstruksi yang‎ sensitif terhadap perubahan ekonomi.

‎"Prospek perseroan yang stabil bisa ditingkatkan, jika perseroan secara signifika bisa meningkatkan profitabilitas, sehingga struktur modal dan proteksi arus kas harus diikuti dengan berhasilnya rencana diversifikasi perseroan, sehingga arus pendapatan perusahaan stabil. Prospek bisa juga diturunkan‎, jika diversifikasi usaha gagal, dan memperburuk profil keuangan perseroan," pungkas dia.


(AHL)