Keberangkatan 51 Calon Haji Embarkasi Adi Soemarmo Tertunda

Ferdinandus Rabu    •    Jumat, 21 Aug 2015 13:23 WIB
haji 2015
Keberangkatan 51 Calon Haji Embarkasi Adi Soemarmo Tertunda
Pemberangkatan calon haji Kota Depok. Foto: MI/Barry Fatahilah.

Metrotvnews.com, Surakarta: Sebanyak 51 calon haji asal Embarkasi Adi Soemarmo Surakarta, Jawa Tengah, tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci. Mereka gagal berangkat karena belum mengantongi visa dari Pemerintah Arab Saudi.

Para calon haji itu berasal dari Banyumas dan Cilacap. Mereka tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1, 2, dan 3. Seharusnya mereka mendapatkan giliran pemberangkatan pertama, Jumat (21/8/2015) hari ini.

"Dari informasi yang kami terima kemarin sempat ada permasalahan dengan sistem mereka, sehingga penerbitan visa kurang lancar," kata Ketua PPIH Embarkasi Adi Soemarmo, Ahmadi.

Jadwal keberangkatan 51 calon haji tersebut sudah diatur ulang. Mereka akan diterbangkan ke Madinah bersama kloter 4 yang berangkat, Sabtu (22/8/2015) besok.

Ahmadi menambahkan, calon haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang diberangkatkan dari Embarkasi Adi Soemarmo tahun ini sebanyak 26 ribu orang. Dari jumlah tersebut, 500 di antaranya belum memegang visa.

"Kondisi itu juga terjadi di embarkasi lain. Kami yakin setelah kloter 4 persoalan visa ini sudah bisa diselesaikan," katanya.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Abdul Fikri, meminta agar PPIH meningkatkan kualitas layanan kepada jamaah haji. Ia mengingatkan, turunnya biaya haji tidak dijadikan alasan menurunnya kualitas layanan. "Kami akan terus melakukan pengawasan terhadap layanan yang diberikan panitia," tegas Fikri. 


(DOR)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA