Sabana 1 dan Sabana 2 Merbabu Ludes Terbakar

Patricia Vicka    •    Jumat, 21 Aug 2015 15:01 WIB
kebakaran hutan
Sabana 1 dan Sabana 2 Merbabu Ludes Terbakar
Foto: Sejumlah pendaki menuruni sabana di Gunung Merbabu, Boyolali, Jawa Tengah/Ant_Teresia May

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kebakaran hutan di Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) meluas. Padang rumput (Sabana) 1 dan Sabana 2 di Gunung Merbabu hangus terbakar. Relawan dan warga setempat pun berusaha memadamkan api.

"Relawan dan warga datang ikut membantu memadamkan api. Lalu ada bantuan juga dari tim BPBD Boyolali, BPBD Kabupaten Magelang, BPBD kabupaten Semarang, dan BPBD Klaten. Mereka semua naik dari 6 titik yakni Genting, Suwanting, Malang, Ngendian, Pukas, Suntel, dan Tetelan," kata Koordinator Perlindungan dan Keamanan TNGM, Kurniadi Wirawan saat dihubungi Metrotvnews.com, di Yogyakarta, Jumat (21/9/2015).

Berdasarkan pantauan tim relawan, wilayah yang terbakar paling banyak terjadi di wilayah Kabupaten Magelang. Kebakan hutan itu jauh dari pemukiman warga.

"Wilayah kebakaran jauh dari rumah penduduk. Masih sekitar 6-7 km dari rumah penduduk," kata Kurniadi yang juga Koordinator Polisi Hutan TNGM, itu.

Tim relawan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Pemadaman dilakukan secara manual.

"Lokasinya sulit karena berada di ketinggian dan jauh dari sumber mata air. Sehingga kami pakai alat seadanya seperti ember, gebyok, parang sabit untuk memadamkan api," ujarnya.

Hingga berita ini disusun, api belum padam. Petugas juga belum mengetahui penyebab kebakaran.

"Kami hanya tahu tiba-tiba muncul titik api, pada Rabu 19 Agustus siang, di titik Bentrokan Kecamatan Sawangan Magelang," pungkasnya.


(TTD)

KPK yang Berani Jujur Hebat

KPK yang Berani Jujur Hebat

16 minutes Ago

KERJA ekstra keras yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menjerat Setya Novanto dal…

BERITA LAINNYA