Peringkat SSIA Menurun Jadi idA

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 21 Aug 2015 16:03 WIB
surya semesta internusa
Peringkat SSIA Menurun Jadi idA
Ilustrasi -- FOTO: Antara/ANDIKA WAHYU

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) mengalami penurunan peringkat dan mendarat di posisi idA (stabil). Hal itu dikarenakan persediaan lahan (land bank) perseroan yang minim.

"Peringkat perseroan yang stabil atau idA untuk perusahaan dan obligasi I 2012 untuk periode 5 Agustus 2015-1 Agustus 2016," ujar ‎analis Pefindo, Anies Setyaningrum ketika ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Dia menguraikan, pemberian peringkat didukung kualitas aset yang baik dan posisi pasar yang kuat di industri konstruksi swasta.‎ Perseroan pun berencana menambah utang.

Selain itu, faktor pendukung lainnya‎ terkait proteksi arus kas yang diatas rata-rata dan pendapatan berulang perusahaan yang berasal dari hotel. Sedangkan faktor yang membatasi peringkat, seperti persediaan lahan yang terbatas, lahan hanya 100 hektare (ha) di Karawang, Jawa Barat.

Sementara itu, peringkat perseroan juga berpotensi menurun, dikarenakan pelemahan sejumlah makroekonomi dalam negeri. Hal itu disebabkan sifat bisnis dan konstruksi yang sensitif terhadap perubahan makroekonomi.

Peringkat SSIA bisa ditingkatkan, jika perusahaan konsisten mencapai target pertumbuhan pendapatan dari ekspansi bisnisnya dan bisa meningkatkan leverage keuangan secara moderat dan proteksi arus kas di atas rata-rata.

"Peringkat perusahaan bisa diturunkankan jika pendapatan dan EBITDA secara signifikan lebih rendah dari target, dan peringkat juga dapat diturunkan jika rasio debt to EBITDA melebihi 3,5 kali," tutup dia‎.


(AHL)