265 Bangunan di Kampung Pulo Sudah Rata dengan Tanah

Wanda Indana    •    Jumat, 21 Aug 2015 16:37 WIB
penggusuran kampung pulo
265 Bangunan di Kampung Pulo Sudah Rata dengan Tanah
Warga membawa barang-barang untuk menghindari penggusuran di Kawasan Kampung Pulo, Jakarta, Jumat 21 Agustus 2015. Foto: MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah merobohkan 265 bangunan di Kampung Pulo, Jakarta Timur. Jika tak ada kendala, Sabtu 21 Agustus, Kampung Pulo sudah bebas dari permukiman liar.

"Kemarin ada 55 rumah yang sudah dirobohkan. Kalau sampai sekarang ada 265 rumah yang sudah dirobohkan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kukuh Hadi Santoso di lokasi penggusuran, Jumat (21/8/2015).

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memberi waktu tujuh hari kepada Satpol PP untuk menyelesaikan tugas ini. "Semakin cepat semakin baik. Kalau hari tidak selesai, kami lanjutkan besok," katanya.

(Klik: Satpol PP Persilakan FPI ke Kampung Pulo)

Kendala membongkar bangunan di Kampung Pulo adalah medan yang sulit dilalui alat berat. Misalnya, jalan menuju R‎W 1 yang letaknya paling ujung di kampung tersebut, menurun dan sempit. Jika alat berat Backhoe masuk akan terguling.

"Sudah kami pelajari, Backhoe enggak bisa masuk. Kalau pakai Amfibi juga tidak bisa, belalainya tidak sampai. Kemungkinan besar kami lakukan (bongkar) secara manual," pungkasnya.


Alat berat merobohkan bangunan di Kampung Pulo, Jakarta, Kamis 20 Agustus 2015. Foto: MI/Galih Pradipta


(TRK)