September, Bulog Siap Impor 8.000 Ekor Sapi Siap Potong

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 21 Aug 2015 18:24 WIB
kementan ads
September, Bulog Siap Impor 8.000 Ekor Sapi Siap Potong
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Pengadaan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Wahyu mengungkapkan pihaknya siap mengimpor sebanyak 8.000 ekor sapi siap potong pada awal bulan depan. Langkah ini merupakan bagian dari penugasan pemerintah sebanyak 50 ribu ekor pada kuartal III-2015.

Ia menambahkan pihaknya sengaja melakukan impor lantaran tidak ingin merusak harga daging di pasar dalam negeri. Nantinya impor sapi siap potong ini dilakukan secara bertahap. Diharapkan, pergerakan harga tidak memberi beban tersendiri bagi masyarakat.

"Impor sapi siap potong akan dilakukan secara bertahap. Jika impor sekaligus, dikhawatirkan justru akan membuat pasokan daging berlimpah sehingga harga jadi anjlok," ungkap Wahyu, ketika ditemui di Kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta Selatan, Jumat (21/8/2015).

Wahyu menjelaskan pada impor tahap pertama nanti akan masuk 8.000 ekor. Tahap pertama nanti diperkirakan akan masuk pada awal September. "Sudah mulai masuk pada awal September. Secara hitungan sudah dilakukan secara bertahap," kata Wahyu.

Nantinya, Perum Bulog akan menyediakan sekitar Rp1 triliun dalam pengadaan 50 ribu sapi siap potong. Pada tahap awal sapi tersebut diimpor dari beberapa eksportir daging di Australia. "Mungkin dari tiga eksportir sana atau bisa saja lebih. Soalnya di sana ada 11 eskportir. Dana Rp900 miliar-Rp1 triliun untuk 50 ribu sapi siap potong," pungkasnya.


(ABD)