Jokowi Uji Coba PRJ di Monas

- 12 Juni 2013 17:48 wib
ANTARA/Fanny Octavianus/ip
ANTARA/Fanny Octavianus/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2013. Pesta rakyat ini merupakan uji coba penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta (PRJ) tanpa mengikutsertakan PT JIExpo. PPKD digelar pada 14-16 Juni 2013.

"Ini kami siapkan. Kami ingin mendesain kira-kira PRJ Monas yang akan datang seperti apa. Jadi, kami perlu uji coba di pekan usaha kreatif," ujar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo usai rapat di gedung DPRD Jakarta, Rabu (12/6).

Menurut dia, uji coba itu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penyelenggaraan PRJ di Monas. "Nanti pesta rakyat PRJ apakah layak di situ, problemnya apa, kendalanya seperti apa, parkirnya seperti apa, kalkulasi ekonominya seperti apa, gratis atau bayar? Baru dihitung," kata dia.

Setelah itu, lanjut dia, Pemprov DKI Jakarta akan memberi waktu pada pihak terkait untuk mengevaluasi. Jokowi menargetkan tiga bulan untuk evaluasi.

Namun, dia geram ketika PPKD disebut sebagai tandingan PRJ. "Kok tandingan? Bagaimana sih? PRJ di sana juga kan milik kita! Dipikir kita bukan pemilik? Lo, masak tandingan?" kata Jokowi.

PPKD 2013 akan diselenggarakan di Lapangan Silang Monas Barat Daya (pintu masuk Tugu Kuda), Jakarta Pusat. Ini merupakan sarana promosi dan kegiatan untuk mendorong terciptanya karya kreatif di Jakarta.

"Tentunya, sesuai dengan keunggulan sumber daya manusia (SDM) dengan kreativitasnya serta budaya yang dimiliki masing-masing wilayah," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI sekaligus Ketua Penyelenggara PPKD 2013 Andi Baso dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Selasa.

PPKD juga salah satu rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta yang ke-486. Penyelenggaraan pekan kreatif ini merupakan penyelenggaraan ketiga sejak 2008. Dia mengungkapkan PPKD 2013 merupakan embrio bagi penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang baru.

()

Hamzah Haz--MI/Susanto

Hamzah Haz Hadiri Mukernas PPP

23 April 2014 15:47 wib

MANTAN Ketua Umum Partai Presatuan Pembangunan Hamzah Haz menghadiri Musyawarah Kerja Nasional PPP Ke-III,…