Calon Haji Termuda dari Jombang Berstatus Pelajar SMA

Nurul Hidayat    •    Jumat, 21 Aug 2015 20:15 WIB
haji 2015
Calon Haji Termuda dari Jombang Berstatus Pelajar SMA
Anggraini Cahyaningtiyas. Foto: MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Di antara 1.045 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Jombang, ada satu nama, yakni Anggraini Cahyaningtiyas, 18, seorang pelajar yang ikut berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji.

Pelajar kelas XII Madrasah Aliyah Al-Anwar Paculgowang Diwek, tercatat sebagai CJH termuda tahun ini asal Kota Santri. ”Saya mendapat izin selama 45 hari dari sekolah untuk melaksanakan ibadah haji,” ujarnya saat ditemui di kediamannya, Jumat (21/8/2015).

Putri pasangan Ali Imron, 40, dan Luluk Farida, 40, mengaku hanya belajar manasik haji dari kedua orang tuanya yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji. Hal ini dikarenakan dirinya baru satu kali mengikuti manasik dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) karena terkendala ujian sekolah.

”Kebetulan kedua orang tua sebelumnya sudah pernah melaksanakan ibadah haji, jadi saya bisa lebih mudah belajar kepada mereka. Selain itu, saya juga mempelajari video bimbingan haji milik orang tua. Sedikit banyak juga diajari guru di sekolah,” imbuh siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Alam ini.

Terpisah, Imron, sang ayah, mengaku bangga bisa berangkat bersama anaknya.“Alhamdulillah untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini saya dan istri bisa berangkat bersama Anggraini. Ini momentum yang sangat kami nantikan sejak dulu bisa berangkat bersama anak,” ujar pengusaha peleburan alumunium ini.

Anggraini dijadwalkan baru bisa berangkat naik haji pada 2017. Namun akhirnya bisa diajukan untuk berangkat bersama pada tahun ini berdasarkan perubahan peraturan di Kementerian Agama.

”Anggraini sudah saya daftarkan naik haji sejak dia masih duduk  di kelas VI SD. Seharusnya dia baru berangkat 2017 mendatang. Beruntung pemberangkatan tahun ini bisa kami ajukan. Akhirnya Anggraini saya daftarkan kembali (pengajuan ulang) pada 6 Juli lalu. Keesokan harinya ada informasi dari Kemenag Jombang bahwa Anggraini bisa berangkat bersama kami tahun ini,” pungkasnya.


(UWA)