Bareskrim akan Proses Temuan BPK Soal UPS

Renatha Swasty    •    Jumat, 21 Aug 2015 21:47 WIB
korupsi ups
Bareskrim akan Proses Temuan BPK Soal UPS
Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso. Foto: MI/Susanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Reserse Polri Komjen Budi Waseso akan membahas temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kerugian keuangan negara dalam pengadaan Uninterruptible Power Supply (UPS). Dalam perhitungan ditemukan kerugian sebesar Rp163,8 miliar.

"Pasti kita tindaklanjuti ke arah situ. Kan arahnya sudah ada dari BPK,” kata Budi di Mabes Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (21/8/2015).

Dari temuan kerugian keuangan negara itu, Budi tak menampik bila pihaknya menemukan tersangka lain dalam kasus itu.

"Begitu kami menerima hasil audit itu, segera akan kami tindaklanjutinya. Yang penting kita ini harus hati-hati dan teliti,” tambah dia.

Sebelumnya, BPK mengekuarkan audit pengadaan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2014. Dalam temuan itu, BPK menemukan kejanggalan, salah satunya dalam pengadaan UPS yang dilaksanakan di Sudin Pendidikan Jakarta Barat dan Sudin Pendidikan Jakarta Pusat.

Dikatakan, dalam pengadaannya, UPS mengakibatkan kerugian negara Rp 163,8 miliar. Adapun, kerugian disebabkan antara lain proses pembahasan pengadaan UPS dilakukan Komisi E DPRD DKI tanpa melibatkan PNS Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait, dan adanya mark up anggaran serta pengawasan yang kurang dari Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat dan Pusat.

Terkait korupsi UPS, Bareskrim sudah menetapkan dua orang tersangka yakni Alex Usman, Pejabat Pembuat Komitmen di Sudin Pendidikan Jakarta Barat dan Zaenal Soleman, Pejabat Pembuat Komitmen di Sudin Pendidikan Jakarta Pusat.


(DRI)

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

34 minutes Ago

Novanto tiba di Pengadilan Tipikor Jakarta pada pukul 09.40 WIB. Ia mengenakan kemeja putih dib…

BERITA LAINNYA