PVMBG: Kebakaran Hutan Gunung Slamet Sudah Padam

Antara    •    Jumat, 21 Aug 2015 22:20 WIB
kebakaran hutan
PVMBG: Kebakaran Hutan Gunung Slamet Sudah Padam
Pemukiman di kaki Gunung Slamet di Tegal, Jawa Tengah, Ant - Oky Lukmansyah

Metrotvnews.com, Pekalongan: Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan kebakaran hutan di Gunung Slamet sudah dapat dipadamkan sehingga tidak sampai menjalar ke lokasi lainnya.

"Saat ini, kobaran api yang berada di posisi barat laut hutan Gunung Slamet hanya terlihat kepulan asap," kata Kepala Pos Pengawas Gunung Slamet, Sudrajat, saat dihubungi di Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (21/8/2015).

Menurut dia, kebakaran hutan Gunung Slamet yang berada di wilayah perbatasan wilayah Kabupaten Pemalang dan Purwokerto ini hanya terjadi pada satu titik di bagian barat laut Kabupaten Tegal.

"Akan tetapi, kebakaran hutan yang berada pada 2.800 dpl ini sudah dapat dipadamkan," katanya.

Ia mengatakan meski kebakaran hutan kini sudah terpantau aman, tetapi PVMBG dan instansi terkait lainnya, seperti Perhutani, masih terus melakukan pengawasan karena kepulan asap masih terlihat di hutan yang terbakar itu.

PVMBG, kata dia, belum bisa memastikan penyebab terbakarnya hutan yang berada di bawah puncak Gunung Slamet tersebut. "Dugaan sementara karena banyak rumput yang mengering akibat kemarau panjang," katanya.

Ia mengimbau masyarakat maupun pendaki tidak membuang puntung rokok atau benda yang bisa menimbulkan percikan api.
"Masyarakat harus sudah bisa memastikan sesuatu benda yang menimbulkan percikan api sudah padam. Jangan sampai meninggalkan percikan api atau puntung rokok yang masih bisa menimbulkan kebakaran," katanya.


(UWA)