Kumpulan Lagu Ciptaan Tahanan Politik 1965 Dirilis

Nia Deviyana    •    Sabtu, 22 Aug 2015 01:44 WIB
superman is dead
Kumpulan Lagu Ciptaan Tahanan Politik 1965 Dirilis
Jerinx SID bersama para pengisi acara (Foto: Jerinx Instagram)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kumpulan lirik lagu yang pernah ditulis di dalam jeruji besi para tahanan tragedi 1965 didaur ulang Jerinx 'SID' dan beberapa kawan sesama musisi, dalam wujud album bertajuk Prison Songs: Nyanyian yang Dibungkam.

"Tahun 65 ada tragedi kemanusiaan. Kita pengin menyadarkan ada sejarah kelam agar tidak terulang lagi. Semoga musik bisa jadi pendekatan yang tepat," ujar Angga, personel Nostress, band Folk asal Bali yang juga ikut menyanyikan lagu di album ini. 

Lagu-lagu tersebut juga dibawakan kembali oleh ratusan pemuda dari Koalisi Keadilan & Pengungkapan Kebenaran (KKPK) dalam acara budaya yang berlangsung di Goethe Institute, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/8/2015). 

Acara ini digagas sebagai salah satu wujud gerakan melawan lupa tentang pelanggaran-pelanggaran HAM yang terjadi di masa lalu. 

Acara ini tak hanya diisi penampilan anak muda, melainkan juga ibu-ibu penyintas (korban selamat yang masih hidup) yang tergabung dalam Paduan Suara Dialita. Di atas panggung, mereka mengalunkan lagu-lagu yang pernah diciptakan oleh tahanan-tahanan politik di dalam penjara. 

"KKPK bangga bisa mengumpulkan berbagai lintas generasi dalam satu panggung. Semoga kebenaran akan terungkap, meski hanya lewat nyanyian," tambah Kamala Chandrakirana, perwakilan KKPK. 


Jerinx SID bersama Paduan Suara Dialita (Foto: Jerinx Instagram)


(AWP)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

6 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA