Wall Street Terpuruk, Dow Jones Ambruk 530 Poin

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 22 Aug 2015 10:28 WIB
wall street
Wall Street Terpuruk, Dow Jones Ambruk 530 Poin
Ilustrasi aktivitas di bursa Wall Street -- FOTO: Reuters/Brendan McDermid

Metrotvnews.com, New York: Pasar saham dunia ambruk pada penutupan perdagangan Jumat waktu setempat. Salah satu penyebabnya karena harga minyak mentah yang terjun menjadi di bawah USD40 per barel.

Pelemahan tersebut juga dipicu oleh bukti baru dari perlambatan pertumbuhan di Tiongkok sehingga mengirim investor bergegas untuk menyelamatkan aset obligasi dan emas.

Reuters melansir, Sabtu (22/8/2015), saham-saham di Wall Street dan di Eropa turun lebih dari tiga persen karena kekacauan global yang didorong oleh penurunan indeks saham Shanghai SSEC lebih dari empat persen.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 530,94 poin atau 3,12 persen menjadi 16.459,75. Indeks S & P 500 tergelincir 64,84 poin atau 3,19 persen ke 1.970,89, dan Nasdaq Composite melemah 171,45 poin atau 3,52 persen ke 4.706,04.

Harga minyak mentah secara mingguan menjadi penurunan terpanjang dalam hampir 30 tahun serta menyeret kejatuhan pasar saham, obligasi dan mata uang semua. Selain itu, juga terjadi pertumbuhan permintaan dari negara-negara berkembang terhadap komoditas dari Tiongkok.

Sektor manufaktur Tiongkok menyusut pada tingkat tercepat dalam lebih dari enam tahun pada Agustus, menurut survei dari vendor Data pribadi Caixin/Markit. Pasar dunia sudah berada di ambang kejatuhan setelah kejutan devaluasi yuan pada pekan lalu membuat pasar saham melemah lebih dari 30 persen sejak pertengahan tahun.

Selanjutnya, mata uang dolar AS juga melemah terhadap euro, jatuh ke level terendah dalam dua bulan ini karena data Tiongkok dan penurunan harga komoditas tergerus ekspektasi Federal Reserve yang akan menaikkan suku bunga AS bulan depan.


(AHL)

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

35 minutes Ago

Novanto tiba di Pengadilan Tipikor Jakarta pada pukul 09.40 WIB. Ia mengenakan kemeja putih dib…

BERITA LAINNYA