Rachmat Gobel Mengenang Masa Kuliah di OKK UI

Yogi Bayu Aji    •    Sabtu, 22 Aug 2015 11:50 WIB
pendidikan
Rachmat Gobel Mengenang Masa Kuliah di OKK UI
Rachmat Gobel di OKK UI 2015---MTVN/Yogi

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel berbagi cerita tentang kehidupan di masa kuliah. Rachmat yang pernah kuliah di Jepang, menceritakan kisah hidupnya dalam Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) Universitas Indonesia 2015.

Chief Executive Officer Panasonic itu bertutur tentang sulitnya melawan ego saat dikuliahkan orangtuanya di Jepang. Dia mengaku, terpaksa menuruti keinginan orangtua.

"Kenapa di Jepang? Dalam berdagang, untuk menjaga perusahaan langgeng, saya harus pelajari kultur partner," kata Rachmat dalam talkshow di OKK UI 2015 bertema "Inisiatif Berkontribusi untuk UI dan Indonesia", di Balairung UI, Depok, Jawa Barat, Sabtu (22/8/2015).

Untuk maju, kata Rachmat, memang harus berani melawan sikap egois dalam diri. Hal itu, kata Rachmat, tentu tak mudah dilakukan. Dia mengingat, bagaimana kerasnya orangtua dalam mendidiknya. Kendati mereka memiliki perusahaan besar National Gobel Group, dia mengaku digembleng hidup sederhana.

Ajaran hidup sederhana itu, kata Rachmat, yang membuat dia rela jadi tukang fotokopi, saat magang di sebuah perusahaan di Jepang. Padahal, perusahaan itu adalah rekan kerja perusahaan keluarganya.

Lantaran itu, Rachmat mengingatkan empat ribuan mahasiswa baru yang ada di OKK UI untuk tidak terlena. Mereka tak boleh hanya mengandalkan ijazah dari Kampus Kuning.

"Anda punya nama besar. Tapi lulus hanya sekadar selembar kertas. Yang dipunya harus kerja kertas. Sehabis itu, apa karya yang dibuat untuk negara ini," pungkas dia.


(TII)