Apfindo Dukung Kementan Batasi Impor Sapi

Gervin Nathaniel Purba    •    Sabtu, 22 Aug 2015 11:57 WIB
kementan adsimpor sapi
Apfindo Dukung Kementan Batasi Impor Sapi
Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (Apfindo) Joni Liano mengaku dirinya siap mendukung langkah Pemerintah dalam mengurangi kelangkaan daging.

"Kita (Apfindo) mendukung langkah pemerintah dalam menyediakan stok sapi agar mengurangi kelangkaan daging," ujar Joni Liano ketika ditemui di Kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta Selatan, seperti diberitakan Sabtu (22/8/2015).

Bagi Joni, prinsipnya adalah mengikuti setiap peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, dirinya berpendapat agar pemerintah tidak terlalu memaksakan impor sapi bakalan.

"Yang jelas enggak bisa memaksakan impor sapi yang banyak. Tulang punggung kita juga ada di sapi lokal," jelas Direktur Eksekutif Apfindo itu.

Menurutnya, yang harus diprioritaskan itu adalah pembentukan tim kecil yang diusulkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman. Menurutnya tim itu nantinya yang bisa melihat apakah ada faktor penghambat dari regulasi dan pengaruh dari supply dan demand.

"Priortias minggu ini terbentuk dulu tim kecil yang diusulkan pak Menteri. Jadi yang diinginkan dari tim itu mencoba melihat apakah ada peraturan menghambat terhadap bangun ternak khususnya feedloter," ujar Joni.

Menurut Joni berdasarkan dari hasil penilaian tim itu, baru dilihat apa yang menyebabkan menjadi masalah utamanya. Baru nanti masalah itu diperbaiki bersama oleh Kementerian Pertanian (Kementan) dan feedloter.


(AHL)