Dirjen Penyelenggara Haji Minta Maaf Visa Terlambat

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 22 Aug 2015 12:10 WIB
haji 2015
Dirjen Penyelenggara Haji Minta Maaf Visa Terlambat
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia (tengah) saat berada di embarkasi haji Donohudan, Metrotvnews.com/ Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Boyolali: Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia, Abdul Djamil, meminta maaf atas keterlambatan visa yang mengakibatkan penundaan keberangkatan kepada jemaah calon haji di seluruh Indonesia atas keterlambatan visa yang menyebabkan penundaan keberangkatan. 

"Saya yang bertanggung jawab atas keterlambatan ini, maka saya minta maaf kepada seluruh jamaah calon haji secara nasional," kata Abdul Djamil usai membagikan living cost kepada jemaah calon haji di Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (22/8/2015).

Keterlambatan visa terjadi karena perubahan sistem aplikasi yang membutuhkan waktu untuk penyesuaian. "Sistemnya berubah. Dan visa tidak bisa diurus jauh-jauh hari. Sebab harus menunggu pelunasan. Pelunasan baru dilakukan setelah ada keputusan mengenai besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH)," ungkapnya.

Menurutnya, proses panjang juga harus dilalui ketika mengurus visa seperti penyiapan dokumen di daerah, Kanwil, Kemenag serta Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. 

"Tapi kita antisipasi dengan cara kerja lembur untuk menyusulkan semua visa kemudian juga dengan konfigurasi kloter keberangkatan," tuturnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jawa Tengah, Ahmadi mengatakan kemarin beberapa visa telah disusulkan. "Data terakhir ada sekitar 96 visa yang belum datang dan visa tersebut sudah dalam perjalanan. Kami harapkan penerbangan hari ini sudah normal sesuai jadwal," pungkas dia.
 


(RRN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

16 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA