Angin Persulit Pemadaman Api di Merbabu

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 22 Aug 2015 12:29 WIB
kebakaran hutan
Angin Persulit Pemadaman Api di Merbabu
Kebakaran hutan di Gunung Merbabu, Twitter

Metrotvnews.com, Boyolali: Pemadaman api di lereng Gunung Merbabu di wilayah Boyolali, Jawa Tengah, belum juga usai. Petugas mengalami kesulitan lantaran angin yang berhembus di wilayah itu.

"Anginnya besar, jadi kita agak kesulitan. Selain itu wilayahnya juga sulit maka kami menggunakan gepyok," kata Lurah Desa Jrakah, Selo, Slamet, saat dihubungi Metrotvnews.com melalui telepon, Sabtu (22/8/2015).

Menurutnya, kebakaran yang mulai terjadi pada Kamis lalu hingga kini belum berhasil dipadamkan. Kebakaran tersebut diperkirakan berasal dari sebelah utara atas, yakni di wilayah Kabupaten  Magelang dan hingga kini telah merembet hingga membakar sekitar 10 hektar kawasan Kabupaten Boyolali.

Slamet mengaku tak tahu soal kebakaran. Sebab kabut tebal menutupi lereng gunung.

"Pertama tidak terlihat dari rumah karena tebalnya kabut. Saya tidak tahu ada kebakaran. Baru menjelang petang ketahuan karena api terlihat jelas saat petang," ungkapnya.

Dirinya lalu segera melaporkan apa yang dilihatnya ke Satpol PP Kecamatan. "Setelah itu semuanya rapat dan segera bergerak naik. Warga, kepolisian, BPBD, Pak Camat juga kemarin ikut naik," pungkas dia. 

Hingga kini warga dan tim gabungan dari berbagai daerah seperti Boyolali, Klaten, Solo tengah berupaya memadamkan dan menghalau api agar tidak merembet ke pemukiman.
 


(RRN)