Buya Syafii: Sila Kelima Pancasila Sudah Yatim Piatu

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 22 Aug 2015 12:49 WIB
pancasila
Buya Syafii: Sila Kelima Pancasila Sudah Yatim Piatu
Buya Syafii Maarif. Foto: MTVN/Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif, mengatakan sila kelima yang termaktub dalam Pancasila sudah tak sempurna. Buya, sapaan Ahmad Syafii Maarif, menilai ketidaksempurnaan itu telah terjadi puluhan tahun lalu.

"Sila kelima sudah menjadi yatim piatu sejak 30 tahun lalu. Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, kita salahkan diri sendiri," ucap Buya saat pidato budaya dalam peringatan bertajuk, Indonesia 70 Tahun, Kemerdekaan, Demokrasi, dan Partisipasi Masyarakat di Taman Beringin Bung Karno, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Jumat (21/8/2015) malam.

Buya mengungkapkan salah satu faktor dari hal itu diakibatkan oleh bangsa sendiri yang tega menjajah sesama. Akibatnya, hak-hak bagi mereka yang minoritas tak memperoleh penghargaan di Indonesia.

"Bung Karno pernah bilang, setelah merdeka, Indonesia bisa lepas dari kemiskinan. Tapi, 70 setelah merdeka, kemajuan ada, namun kemiskinan, orang-orang telantar, dan terpinggirkan, masih ada," ucapnya.

Buya berharap para politisi membangun kembali Indonesia untuk mewujudkan sila kelima Pancasila itu. "Jika tidak, cita-cita tersebut akan sulit terwujud," ujarnya.


(UWA)

Ade Komarudin Diperiksa untuk Novanto

Ade Komarudin Diperiksa untuk Novanto

19 minutes Ago

Tiga saksi tersebut ialah politikus Partai Golkar Ade Komaruddin, pengusaha Made Oka Masagung, …

BERITA LAINNYA