Calon Haji Terima Riyal untuk Living Cost

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 22 Aug 2015 13:12 WIB
haji 2015
Calon Haji Terima Riyal untuk <i>Living Cost</i>
Calon haji menunjukkan living cost yang diterimanya. Foto: MTVN/Pythag

Metrotvnews.com, Boyolali: Bank Rakyat Indonesia menyerahkan secara simbolis living cost atau uang untuk menginap bagi jemaah calon haji kepada Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia, Abdul Djamil.

Penyerahan dilakukan di Gedung Mekah, Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu ini. Selanjutnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) membagikan amplop berisi uang living cost itu kepada para jemaah. Uang yang dibagikan sudah berupa mata uang Arab, yakni Saudi Arabian Riyal (SAR).

Living cost yang kita bagikan senilai SAR1.500. Jumlah tersebut lebih dari cukup, sebab untuk transportasi sudah kita fasilitasi. Makan pun telah kita sediakan,” kata Abdul, usai penyerahan uang penginapan, Sabtu (22/8/2015).

Jamaah calon haji menerima sebuah amplop berisi tiga lembar pecahan SAR500. Jamaah juga diminta mengecek isi amplop untuk memastikan besaran yang diterima telah sesuai.

Selain living cost, BRI juga memberikan spray kepada jamaah calon haji di embarkasi haji Donohudan. ”Seperti yang diketahui bahwa suhu di Saudi Arabia sangat tinggi, sekitar 45 derajat celcius. Spray ini akan diisi dengan air dan dapat disemprotkan sewaktu-waktu mengingat cuaca yang sangat panas,” ungkap Deputi General Manajer Divisi Bisnis Internasional BRI, Resky Irianawati.

Tahun 2015 ini, sejumlah 26.568 calon haji Jawa Tengah dan DIY akan diberangkatkan melalui 74 kloter. Saat ini tiga kloter awal telah terbang ke tanah suci yakni kloter 1, 2 dan 3 asal Cilacap serta Banyumas.


(UWA)