Dapat Gelar Doktor Honoris Causa, Soekarwo: Ini untuk Dek Nina

Amaluddin    •    Sabtu, 22 Aug 2015 13:13 WIB
penghargaan
Dapat Gelar Doktor Honoris Causa, Soekarwo: Ini untuk Dek Nina
Gubernur Jatim Soekarwo, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Di balik kesuksesan seorang pria, pasti ada wanita hebat di belakangnya. Pepatah itu bisa jadi alasan Gubernur Jawa Timur Soekarwo mempersembahkan gelar Doktor Honoris Causa bidang ekonomi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya-nya kepada istri tercinta.

"Karya ini saya persembahkan untuk istriku tercinta, Dek Nina," kata Soekarwo di akhir pidato saat menerima gelar itu di Aula Garuda Mukti Unair, Sabtu (22/8/2015) pagi.

Pernyataan Soekarwo itu tentu membuat sang istri, Nina Kirana, tersenyum bangga atas keberhasilan pria yang memberinya tiga anak itu.

Soekarwo mendapat gelar setelah menyampaikan pidato ilmiahnya yang mengangkat tema "Jatimnomics : Sebuah Model Indonesia Incorporated dalam menghadapi Era Perdagangan Bebas Menuju Pertumbuhan ekonomi yang Inklusif".

Pakde Karwo, demikian pria berusia 65 tahun itu biasa disapa, mengaku gagasan itu terinspirasi ide yang pernah diterapkan pemerintahan Jepang yakni Jepang Incorporated. Sebuah langkah ekonomi yang menyatukan peran eksekutif, legislatif, dan pengusaha dalam sebuah Incorporated.

"Teori ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi liberalisasi ekonomi yang mengakibatkan jarak si kaya dan si miskin Jatim. Karena, Jatimnomics memegang teguh UUD 45 pasal 33 dan 34," ujarnya.

Dengan begitu, kata dia, Jatimnomics bisa mewujudkan ekonomi yang berkeadilan di Jatim. Sebuah ekonomi yang mengedepankan kesejahteraan masyarakat sebesar besarnya.
 


(RRN)