Mahfud MD Sarankan Jokowi Terbitkan Perppu Pilkada Serentak

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 22 Aug 2015 14:52 WIB
pilkada serentak
Mahfud MD Sarankan Jokowi Terbitkan Perppu Pilkada Serentak
Mantan Ketua MK Mahfud MD. Foto:MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) terkait pemilihan kepala daerah serentak. Mengingat, saat ini Mahkamah Konstitusi sedang memproses uji materi UU Pilkada.

Adapun materi yang diajukan pemohon politisi Partai Gerindra, Habiburokhman, yakni Pasal 158 UU Pilkada terkait pembatasan permohonan sengketa dengan angka selisih tidak lebih dari dua persen.

"Tapi, Perppu memerlukan situasi mendesak. Mungkin Presiden tidak mau," kata Mahfud di Yogyakarta, Sabtu (22/8/2015).

Mahfud menilai hanya ada dua kemungkinan hasil uji materi UU Pilkada ke MK tersebut, yakni diterima atau ditolak. "Jika ditolak kemungkinan alasannya itu permasalahan hukum, bukan legislasi," jelasnya.

Selain masalah uji materi itu, ada pula problem penundaan pelaksanaan pilkada serentak di empat daerah. Keempat daerah itu Kabupaten Timor Tengah Utara di Nusa Tenggara Timur; Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat; Kabupaten Blitar di Jawa Timur; dan Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat. "Harus ada penyelesaian secepatnya," ucap Mahfud.


(UWA)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

2 hours Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA