Kebakaran, Pendakian Gunung Ciremai Sementara Ditutup

Antara    •    Sabtu, 22 Aug 2015 21:19 WIB
kebakaran hutan
Kebakaran, Pendakian Gunung Ciremai Sementara Ditutup
Seorang petani merawat tanaman ubi dengan latar belakang kepulan asap di puncak Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, Jumat (21/8). Foto: Antara/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Kuningan: Kegiatan pendakian di Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan dan Majalengka, Jawa Barat, sementara ditutup sejak 16 Agustus akibat kebakaran hutan di lereng gunung tersebut.

Kepala seksi satu Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kabupaten Kuningan Widodo mengatakan pendakian gunung Ciremai telah ditutup sementara sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Dari tiga pos pendakian gunung Ciremai yang terdapat di jalur Majalengka, jalur Linggarjati dan jalur Pelatungan semuanya telah ditutup setelah diketahui adanya kebakaran. "Penutupan jalur pendakian ini dimaksudkan untuk mencegah adanya korban jiwa," kata Widodo, Sabtu (22/8/2015).

Sementara pengendali ekosistem hutan, Rahmat Hidayat, mengemukakan Tim TNGC telah mengupayakan pemadaman dengan berbagai cara di antaranya menggunakan "kepyok" dan membuat sekat agar kebakaran tidak semakin meluas.

Menurut Rahmat, pencegahan kebakaran di gunung Ciremai sudah maksimal, namun kebakaran kali ini tidak disangka karena titik api pertama kali terlihat di lereng gunung bagian atas.

Kebakaran yang diketahui pada pukul 17.00 WIB pada hari Minggu, 16 Agustus, terlihat dari arah Sadarehe tepatnya di kabupaten Majalengka, akan tetapi penyebab kebakaran masih belum diketahui dan masih dalam penyelidikan.

Luas kawasan yang terbakar belum dapat diketahui karena kebakaran masih berlanjut meskipun sudah berkurang titik apinya. Pada saat kebakaran sekitar sembilan titik api, sampai Sabtu sore telah berkurang menjadi dua titik.


(UWA)