Festival ARKIPEL, Upaya Mengenalkan Indonesia

Putu Radar Bahurekso    •    Minggu, 23 Aug 2015 09:44 WIB
film dokumenter
Festival ARKIPEL, Upaya Mengenalkan Indonesia
Festival Arkipel (Foto:Arkipel.org)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah festival film dokumenter ARKIPEL diselenggarakan untuk kali ketiga.

ARKIPEL merupakan festival film dokumenter yang diadakan oleh komunitas Forum Lenteng. Festival ini diharapkan bisa memberikan film-film alternatif untuk dinikmati selain film komersil.

"ARKIPEL diambil dari kata atau istilah 'archipelago' yang berarti kepulauan, dan Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang besar diapit oleh dua benua dan dua samudra. Nama ini menjadi sebuah statement bahwa festival ini berasal dari Indonesia," ujar Direktur Festival Arkipel, Yuki Aditya, ditemui di Goethe Institute, Sabtu (22/08/2015).

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan besar dengan kemajemukan masyarakat. Hal inilah yang ingin diangkat oleh komunitas Forum Lenteng untuk menjadikan ARKIPEL sebagai sebuah festival.

"Melalui nama ARKIPEL, kita ingin memberitahukan bahwa Indonesia tuh apa sih, Indonesia seperti apa sih. Karena kalau negara kepulauan kan bicara juga soal wilayah dan diversity," ucap Direktur Artistik Festival Arkipel, Hafiz.

ARKIPEL Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival kali ini akan melombakan 35 film dari seribu lebih film yang masuk.

Kegiatan ini tidak hanya berupa festival film. Terdapat juga pameran film, pertunjukan, program kuratorial, presentasi, screening film, dan malam penghargaan.

Festival Film ARKIPEL diselenggarakan di banyak tempat seperti di Kineforum, Goethehaus, Taman Ismail Marzuki, IFI, Blitz Megaplex Pacific Place, Auditorium Institut Kesenian Jakarta, dan @america.

Acara berlangsung sejak 19 Agustus hingga 29 Agustus 2015.


(ROS)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

9 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA