Meme Emil Tersebar Tanpa Izin di Media Sosial

Roni Kurniawan    •    Minggu, 23 Aug 2015 10:37 WIB
aplikasi
<i>Meme</i> Emil Tersebar Tanpa Izin di Media Sosial
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (kanan), menerima karikatur saat penyerahan hadiah sastra Rancage 2015 di Perpustakaan Ajip Rosidi, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/8). Foto: Antara/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Bandung: Meme Wali Kota Ridwan Kamil (Emil) beredar di media sosial, Line. Mengetahui hal itu, Emil tak mempersoalkan walaupun pembuatnya tak meminta restu kepadanya.

"Belum ada yang meminta izin, tapi saya mah tidak ada masalah," ujar Emil usai menghadiri acara di Rumah Belajar Pancage, Jalan Garut, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/8/2015).

Dalam aplikasi itu, Emil menggunakan kacamata, ikat kepala dan pakaian pangsi ciri khas Sunda. Meme Emil ditampilkan dalam berbagai ekspresi yang diberi tema "Urang Bandung, Sundanese Slang Sticker". Namun, Emil pun turut mengapresiasi penggagas meme tersebut.


(Meme dengan karakter Emil di Line)

"Dia mendapatkan rezeki dari situ. Jadi, kalau ternyata ada manfaatnya, silakan saja. Saya tidak akan meminta royalti karena itu kan ekonomi, bebas," tuturnya.

Di antara meme Emil dalam aplikasi media sosial tersebut terdapat berbagai kutipan, di antaranya hatur nuhun (terima kasih), kumaha damang (bagaimana sehat) dan enya meureun (iya mungkin).

Namun, jika pengguna aplikasi media sosial tersebut ingin menggunakan meme Emil untuk mengirimkan pesan, maka pengguna wajib mengumpulkan 50 koin emas.

Kata meme, mengutip Wikipedia, pertama kali dikenalkan Dawkins melalui bukunya The Selfish Gene pada 1976. Istilah meme berasal dari bahasa Yunani 'mimeme' (sesuatu yang menyerupai/menirukan). Dawkins memakai istilah ini untuk mendefinisikan lahirnya budaya dengan anggapan budaya tercipta dari tiruan-tiruan.


(UWA)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

9 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA