Atasi Masalah Dwelling Time, Menko Rizal akan Buat Jalur Hijau & Merah

Eko Nordiansyah    •    Minggu, 23 Aug 2015 17:26 WIB
dwelling time
Atasi Masalah <i>Dwelling Time</i>, Menko Rizal akan Buat Jalur Hijau & Merah
Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli.Foto MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli akan mulai menggelar rapat guna mengetahui permasalahan yang menganggu proses dwelling time, seperti yang selama ini terjadi.

"Kami minggu depan akan mulai rapat membahas, membedah apa hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dwelling time," ujarnya di kediamannya Jalan Bangka IX No. 49 R, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Minggu (23/8/2019).

Dirinya menambahkan, saat dirinya menjabat Menko Perekonomian dulu, dibuat jalur hijau dan jalur merah untuk membedakan importir yang terpercaya dan importir yang menyalahgunakan izin impornya.

"Dulu waktu saya Menko, kami bikin jalur merah dan jalur hijau di Bea Cukai. Jalur hijau itu artinya importirnya terpercaya, enggak aneh-aneh, enggak neko-neko nyaris lewat begitu saja," terang dia.

Namun begitu, masih menurut Rizal, pemeriksaan di jalur merah banyak jadi "permainan" pihak-pihak yang mengambil keuntungan, meskipun perusahaan yang melewati pemeriksaan di jalur merah cenderung sedikit.

"Kami meminta supaya yang masuk jalur hijau lebih banyak, kan sudah ketahuan kalau importirnya itu enggak aneh-aneh, impor sesuai dengan spesifikasinya. Kan sudah ketahuan track recordnya jadi kita akan tingkatkan jumlah importir yang jalur hijau," tutup dia.
 


(SAW)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

2 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA