Ahok dan Walkot Rotterdam Bahas Kerja Sama Pembangunan Pelabuhan

Intan fauzi    •    Senin, 24 Aug 2015 09:31 WIB
basuki tjahaja purnama
Ahok dan Walkot Rotterdam Bahas Kerja Sama Pembangunan Pelabuhan
Basuki Tjahaja Purnama. Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan bertemu Wali Kota Rotterdam Ahmad Aboutaleb dan delegasi bisnis maritim pukul 10.30 WIB di Balai Kota. Pertemuan itu akan membahas kerja sama pembangunan pelabuhan di wilayah Tanjung Priok.

"Kita ingin (tahu) sekali Pelabuhan Rotterdam yang besar, termasuk reklamasi yang mereka lakukan di Rotterdam, konsep kerja sama swastanya itu seperti apa," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (24/8/2015).

Ahok yakin pemerintah Rotterdam dapat membantu Jakarta menyiapkan pembangunan. Selain itu, Ahok juga ingin belajar mengelola pelabuhan dari Rotterdam. Dia menilai, pengalaman Rotterdam soal pelabuhan sudah mumpuni.

"Sebetulnya untuk pembangunan itu kami butuh duit dari luar, bukan hanya duit untuk membangun kalau bicara pelabuhan tapi juga pengalaman. Nah, Rotterdam ini punya (pengalaman). Makanya saya ingin tarik dia kerjain pulau yang 100 hektar lebih sebelah Marunda dan Tanjung Priok," kata Ahok.

Ahok berharap nantinya pelabuhan tersebut dapat menjadi pusat pelabuhan dan logistik untuk daerah Jakarta dan sekitar Jawa. "Bukan hanya untuk Jakarta tapi juga termasuk untuk Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah. Jadi Jakarta kan sudah hampir 60-70 persen ke luar masuk barang logistik di sini tapi kita kurang dalam," ujar mantan Bupati Belitung Timur itu.

Berikutnya, Ahok berencana mengunjungi Rotterdam pada 19-23 September. "Dia sudah dua kali datang. Saya mungkin 19 September ke sana, kunjungan balasan," tutup Ahok.


(TRK)