Praperadilan OC Kaligis Gugur

Deny Irwanto    •    Senin, 24 Aug 2015 11:03 WIB
oc kaligis tersangka
Praperadilan OC Kaligis Gugur
OC Kaligis diduga menyuap hakim PTUN Medan. Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggugurkan sidang gugatan praperadilan yang diajukan OC Kaligis terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Alasannya, KPK telah melimpahkan berkas kasus Kaligis ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dan sidang pokok perkara sudah berjalan.

"Permohonan praperadilan OCK dinyatakan gugur. Membebankan biaya persidangan ke pemohon sebesar Rp10 ribu," kata Hakim tunggal Suprapto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Senin (24/8/2015).

Hakim menggugurkan praperadilan berdasarkan Undang-Undang 82 ayat 1 huruf d KUHAP. "Hakim praperadilan berpendapat, bahwa OCK telah ditetapkan sebagai terdakwa dan menjalankan sidang pokok perkara di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi."

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menggelar sidang perdana kasus suap hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara Medan atas tersangka Kaligis pada Kamis 20 Agustus. Saat itu, ayah dari aktris Velove Xevia itu tak hadir di persidangan dengan alasan sakit.

Kaligis mempermasalahkan penangkapan dan penetapan dirinya sebagai tersangka. Kuasa hukum Kaligis juga mempermasalahkan adanya isolasi terhadap kliennya. Hal itu dinilai tim hukum menyebabkan hak-hak dasar Kaligis tidak bisa dilaksanakan. Permohonan tersebut dituangkan dalam gugatan praperadilan dengan nomor register 72/Pid.Prap/2015/PN.Jkt.Sel.

Dalam kasus suap, Kaligis diduga melanggar Pasal 6 Ayat 1 huruf a dan Pasal 5 Ayat 1 huruf a atau huruf b dan atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah Undang-Undang 20 Tahun 2010 Jo Pasal 64 ayat 1 Jo Pasal 55 Ayat 1 KUHPIdana.


(TRK)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA