Ketua DPW PAN Jatim Terpilih, Pasrah pada Keputusan DPP

Amaluddin    •    Senin, 24 Aug 2015 11:15 WIB
partai pan
Ketua DPW PAN Jatim Terpilih, Pasrah pada Keputusan DPP
Kuswiyanto saat kampanye untuk pileg 2014. (Metrotvnews.com/Faishol)

Metrotvnews.com, Surabaya: Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PAN Jawa Timur terpilih (2015-2020), Kuswiyanto mengaku pasrah jika Dewan Pimpinan Pusat PAN tidak mau mengakui hasil pemilihan yang dilakukan oleh tim formatur dalam Muswil DPW PAN Jatim. 

"Sebagai kader, apapun hasil yang disepakati harus diikuti," terang Kuswiyanto yang juga menjabat Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN, saat dihubungi di Surabaya, ditulis Senin (24/8/2015).
    
Kuswiyanto telah dipilih oleh empat orang formatur sebagai Ketua DPW PAN Jatim pada Muswil DPW PAN di Kota Kediri pada 10-11 Agustus 2015 lalu. Namun, penunjukkan Kuswiyanto itu mendapat penolakan dari kader PAN lainnya. Para kader menghendaki mantan Bupati Lamongan HM Masfuk untuk menduduki kursi ketua DPW PAN Jatim periode 2015-2020. 

"Hasil pilihan tim formatur tak diakui sebagian peserta Muswil hingga terjadi kericuhan dan deadlock. Bahkan salah satu anggota formatur asal DPP pulang lebih dulu ke Jakarta karena ada urusan," ujar anggota Komisi VIII DPR RI asal F-PAN itu.

Untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di DPW PAN Jatim, DPP kemudian menunjuk Wakil Ketua DPP PAN, Asman Abnur sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua dan Bendahara Umum DPP PAN Nasrullah sebagai Plt sekretaris. 

"Sikap DPP itu merupakan kelaziman dan tidak ada yang perlu dipermasalahkan. Ini sesuai mekanisme berlaku. Yang pasti, tim formatur dalam waktu dekat akan bermusyawarah untuk kembali menentukan posisi ketua," ungkap mantan sekretaris DPW PAN Jatim tersebut.
    
Kuswiyanto mengaku siap ditempatkan di mana saja dan siap membantu siapapun orang yang ditunjuk menjadi ketua DPW PAN Jatim ke depan. "Saya yakin DPP bersikap bijak dan nantinya akan terpilih kader yang tepat untuk memimpin PAN Jatim. Siapapun itu, meski bukan seorang Kuswiyanto, saya tetap mendukung dan tidak ada masalah. Sejauh ini PAN Jatim juga kondusif," tandasnya.


(SAN)