Tembus Rp14.000/USD, BI Hati-Hati Ambil Kebijakan Moneter

Eko Nordiansyah    •    Senin, 24 Aug 2015 11:22 WIB
rupiahbank indonesia
 Tembus Rp14.000/USD, BI Hati-Hati Ambil Kebijakan Moneter
Bank Indonesia (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyatakan akan tetap berhati-hati dalam mengambil kebijakan moneter dalam upaya merespons pelemahan rupiah yang pada hari ini telah tembus di level Rp14.000 per USD.

"Stan kebijakan moneter kita masih sama, yaitu kebijakan harus berhati-hati. Kita akan terus masuk pasar di saat diperlukan. Tetap berada di pasar memperhatikan fundamental rupiah," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Senin (24/8/2015).

Dirinya menambahkan, kebijakan yang telah diambil oleh BI untuk menguatkan rupiah dilakukan dalam rangka menjaga fluktuasi rupiah, meskipun belum memberikan sentimen positif bagi mata uang Garuda tersebut.

"Kebijakan kalau tidak diluncurkan bisa lebih fluktuatif. Itu untuk mencegah (fluktuasi rupiah). Negara lain mengeluarkan kebijakan untuk mendevaluasi mata uangnya. Kita punya kebijakan lain. Kita tidak panik," jelas dia.

Sedangkan khusus untuk perdagangan hari ini, BI belum bisa memprediksi pergerakan nilai tukar rupiah. Namun demikian, bank sentral Indonesia ini akan tetap menjaga agar pergerakan rupiah tidak terlalu mengalami fluktuatif.

"Belum bisa prediksi ada di level berapa tapi (rupiah) akan dijaga fluktuasinya. Jangan naik turunnya terlalu sering yang justru akan membuat pasar semakin tertekan," pungkas dia.


(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA