Harga Cabai Rawit di Manado Capai Rp40.000/Kg

Antara    •    Senin, 24 Aug 2015 11:32 WIB
harga cabai
Harga Cabai Rawit di Manado Capai Rp40.000/Kg
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Hanny Wajong mengatakan harga cabai rawit di sentra perdagangan Kota Manado dan sekitarnya mengalami kenaikan.

"Pada pekan keempat Agustus 2015, harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional, Kota Manado, mencapai Rp40 ribu per kilogram (kg), yakni naik dari sebelumnya yang sebesar Rp35 ribu per kg," kata Hanny, di Manado, Senin (24/8/2015).

Menurut Hanny, harga cabai rawit yang mulai meningkat itu karena stok mulai berkurang di tangan pedagang. Padahal, jika harga normal, cabai rawit di Kota Manado hanya Rp25 ribu per kg. Dalam hal ini, pemerintah akan terus memantau pergerakan harga kebutuhan pokok di sentra perdagangan Kota Manado dan sekitarnya agar kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi.

"Kami akan terus memantau pergerakan harga, baik di tangan pedagang pengumpul maupun eceran, sehingga tidak terjadi kekosongan," jelasnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut telah membentuk tim khusus untuk memantau pergerakan harga kebutuhan pokok setiap hari. Pemantauan tersebut dilakukan baik di pasar tradisional maupun swalayan yang ada di daerah tersebut.

"Hal ini dilakukan guna memastikan ketersediaan stok dan harga agar tetap stabil. Kalaupun terjadi lonjakan harga, akan secepatnya diatasi," jelasnya, seraya menambahkan meski kendati harga cabai rawit di Kota Manado mengalami kenaikan, pihaknya menjamin stok saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sulut yang relatif tinggi.



(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA