15 Titik Api Muncul Lagi di Riau

Antara    •    Senin, 24 Aug 2015 12:32 WIB
kebakaran hutan
15 Titik Api Muncul Lagi di Riau
Ilustrasi kebakaran lahan. (Antara/Fikri Yusuf)

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi 15 titik api menyebar di sejumlah daerah di Provinsi Riau, Senin (24/8/2015).

"Titik api tersebar di Indragiri Hulu dengan 10 titik api, Pelalawan dan Kuantan Singingi masing-masing dua titik api serta Indragiri Hilir satu titik api," kata Sugarin, Kepala BMKG Pekanbaru di Pekanbaru, Riau.

Ia menjelaskan jumlah tersebut kembali meningkat setelah dalam tiga hari terakhir BMKG tidak mendeteksi adanya titik api di Riau.

Sementara itu, untuk wilayah Sumatera, BMKG mendeteksi sebanyak 217 titik panas terdeteksi di lima Provinsi. Yakni Jambi 107 titik panas, Sumatera Selatan 79 titik panas, Bangka Belitung 10 titik panas, dan Lampung dengan 3 titik panas serta Riau 18 titik panas.

Analis BMKG stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi menjelaskan, fenomena El Nino yang terjadi saat ini menjadi salah satu penyebab kebakaran hutan dan lahan di Pulau Sumatera, termasuk Provinsi Riau.

"Pada Juli lalu, El Nino masih belum parah, namun saat ini telah terus meningkat sehingga memang memberikan dampak terhadap kondisi cuaca di Sumatera. Namun tidak signifikan," katanya.

Ia menyatakan, fenomena El Nino menyebabkan musim kemarau menjadi lebih panjang sehingga memicu bermunculannya titik panas (hotspot) yang diduga menyebabkan kebakaran hutan dan lahan. Mestinya, akhir Agustus ini sebagian besar Riau sudah masuk awal musim hujan, namun belum merata.

Musim hujan, kata dia, bergerak pada wilayah Riau bagian utara meliputi Kota Dumai dan Rokan Hilir serta sebagian Bengkalis. Namun, peluang hujan belum merata dan intensitasnya antara ringan sampai dengan sedang.

Dia memprediksi, pada Oktober, musim hujan akan meluas hingga ke daerah-daerah di selatan Riau hingga mencapai bagian tengah meliputi Kota Pekanbaru, Kampar, Pelalawan dan Siak.


(SAN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA