Harga Daging Sapi di Jember Turun Jadi Rp95.000/Kg

Antara    •    Senin, 24 Aug 2015 12:39 WIB
daging sapi
Harga Daging Sapi di Jember Turun Jadi Rp95.000/Kg
Ilustrasi (MI/Ferdian Ananda)

Metrotvnews.com, Jember: Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), menurun menjadi Rp95.000 per kilogram (kg) karena pasokan daging sapi di kabupaten setempat melimpah.

"Harga daging sapi turun sebesar Rp5.000 per kg sejak empat hari terakhir dari Rp100.000 per kg menjadi Rp95.000 per kg," kata pedagang daging sapi di Pasar Tanjung, Halimatus, di Jember, Senin (24/8/2015).

Menurut dia, penurunan harga daging sapi tersebut karena permintaan konsumen cukup stabil dan pasokan daging sapi ke pasar tradisional melimpah, sehingga harga cenderung menurun. "Harga daging sapi kualitas super sebesar Rp95.000 per kg, namun kalau daging rawon yang kualitas medium berkisar Rp80.000 per kg hingga Rp85.000 per kg," ujarnya.

Ia menjelaskan banyak konsumen yang tersenyum senang saat harga daging sapi menurun, karena usai Lebaran harga komoditas tersebut bertahan pada angka Rp100.000 per kg. "Harga daging sapi di Jember tidak seperti di Jakarta yang melonjak naik karena pasokan yang didapat pedagang dari ternak lokal, sehingga selama ini aman-aman saja dan tidak ada kekurangan stok," jelasnya.

Sementara Kasi Perdagangan Dalam Negeri Disperindag ESDM Jember Eko Wahyu Septantono mengatakan, penurunan harga daging sapi karena stok daging sapi melimpah, sehingga harga nisbi stabil dan cenderung menurun.

"Pasokan daging sapi di beberapa pasar tradisional di Jember dipenuhi dari dari peternak lokal, sehingga harganya relatif stabil dan stok aman," katanya, seraya menambahkan bahwa sejauh ini tidak ada gejolak harga untuk daging sapi di Jember dan stok masih aman-aman saja karena kebutuhan konsumen tidak melebihi pasokan yang ada, bahkan biasanya selalu surplus.


(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA