Keuntungan RI di Tengah Rupiah yang Terjun Bebas

Suci Sedya Utami    •    Senin, 24 Aug 2015 13:56 WIB
pariwisatarupiah melemah
Keuntungan RI di Tengah Rupiah yang Terjun Bebas
Ilustrasi rupiah melemah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan nilai tukar rupiah dari waktu ke waktu semakin mengkhawatirkan karena mengalami terjun bebas dan menembus level Rp14.000 per USD. Meski mengalami pelemahan, namun kondisi ini memiliki keuntungan tersendiri jika dilihat dari sudut pandang sektor pariwisata.

Ketua Umum Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA) Asnawi Bahar mengatakan dengan dolar Amerika Serikat (USD) yang menguat, maka otomatis wisatawan mancanegara akan semakin banyak yang datang ke Indonesia.

"Sebenarnya rupiah melemah terhadap dolar otomatis wisatawan mancanegara naik, karena surga bagi mereka dengan duit sedikit bisa lebih banyak dapat keuntungan," kata Asnawi, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Senin (24/8/2015).

Selain itu, lanjut Asnawi, dengan semakin mahalnya USD, masyarakat Indonesia akan berpikir ulang untuk pergi ke luar negeri dengan tujuan berlibur. Mereka, akan memilih untuk tidak menghabiskan uangnya di luar. Dengan begitu, pilihan berlibur di dalam negeri akan menjadi alternatif utama.

"Dengan demikian orang tidak lagi keluar negeri, spending money berkurang. In town jumlahnya harus naik," ujarnya.

Dengan demikian, masih kata Asnawi, terdapat peluang untuk pangsa wisatawan domestik berkembang. Inilah yang harus dipikirkan pemerintah dengan mengembangkan destinasi dalam negeri. Destinasi utama pun harus mempersiapkan diri menyambut tamu yang membeludak.

"Yang paling penting wisatawan banyak membelanjakan uangnya dan tinggal lebih lama lagi di Indonesia," pungkasnya.


(ABD)