Tes Calon Pimpinan KPK

Jika Terpilih, Brigjen Basariah Janji Tak Pandang Bulu Berantas Korupsi

Dheri Agriesta    •    Senin, 24 Aug 2015 14:38 WIB
capim kpk
Jika Terpilih, Brigjen Basariah Janji Tak Pandang Bulu Berantas Korupsi
Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Brigjen Basariah Panjaitan--Metrotvnews.com/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Brigjen Basariah Panjaitan berjanji tidak pandang bulu dalam menegakkan peraturan. Pun kalau koruptor berasal dari Kepolisian.

"Buat apa saya digaji pemerintah, jika ibu tidak yakin, ibu bisa lihat tracking (rekam jejak). Saya yakin tidak akan terjadi (berpihak)," kata Basariah di Gedung III Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (24/8/2015).

Jika terpilih, Basariah berencana menjadikan KPK sebagai triger. KPK menjadi pemacu lembaga hukum lain melakukan pemberantasan korupsi. KPK berfungsi sebagai supervisi. Nah, menurut dia, fungsi ini yang kurang berjalan.

"Supaya polisi bisa bekerja secara efektif, dia melakukan koordinasi dalam hal-hal tertentu melihat ada sesuatu yang tidak jelas atau kurang tepat oleh polisi dan jaksa, KPK bisa take over," jelas dia.

Dia pun membawa gagasan untuk menjadikan KPK menjadi pusat informasi tindak pidana di Indonesia. Data yang dimiliki KPK ini bisa dikumpulkan dari seluruh Indonesia.

"Saya berikan gagasan, satu gagasan KPK menjadi pusat informasi tindak pidana di Indonesia, data bisa dikumpulkan dari seluruh Indonesia, bisa dilakukan oleh KPK atau polisi dan Jaksa," pungkas Basariah.


(YDH)