Review Barebone

MSI Nightblade B85, Fleksibel dan Mudah Di-Upgrade

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 24 Aug 2015 15:07 WIB
review laptop
MSI Nightblade B85, Fleksibel dan Mudah Di-Upgrade
MSI Nightblade B85

Metrotvnews.com, Jakarta: Meskipun menawarkan performa gaming dan fleksibilitas yang jauh lebih baik daripada konsol, hingga kini masih banyak orang yang enggan memilih PC untuk bermain game. Salah satu alasannya adalah PC untuk gaming memiliki ukuran yang besar dan sulit untuk dipasang di ruang keluarga.


Hal tersebut memang ada benarnya karena PC untuk gaming dapat memiliki ukuran yang besar, bahkan casing full tower yang banyak digunakan gamer dapat memiliki tinggi hingga lebih dari 60cm. Tentunya, tidak akan pantas jika PC tersebut diletakkan di ruang keluarga bersama TV.



Jadi, haruskah kita memilih konsol untuk melengkapi sistem multimedia ruang keluarga? Tidak juga. Perkembangan teknologi saat ini telah banyak melahirkan perangkat yang semakin kecil, termasuk PC. MSI Nightblade B85 adalah contohnya.

PC barebone dengan bodi mini dari MSI ini memiliki ukuran yang sangat ringkas. MSI Nightblade B85 memiliki bodi berukuran 345,8 x 277,33 x 175,7 mm. Dengan ukuran tersebut, PC mungil ini dapat diletakkan di ruang keluarga Anda ataupun di tempat lain yang minim ruang. Lantas, apa kelebihan dari PC ini?

MSI Nightblade B85 merupakan sebuah barebone PC, artinya komponen di dalamnya masih harus dilengkapi sendiri oleh Anda. Namun justru di situlah nilai tambahnya karena Anda masih leluasa untuk memilih komponen lain sesuai dengan yang diinginkan.

Dalam paket penjualannya, MSI Nightblade B85 dilengkapi dengan sebuah motherboard Mini-ITX MSI B85 GAMING, CPU fan khusus, power supply dengan daya 350 Watt, dan optical drive. Semua dibungkus dalam sebuah casing khusus yang sangat ringkas.



Jika melihat dari spesifikasi dasar yang ditawarkannya, MSI Nightblade B85 sudah sangat mumpuni untuk dijadikan PC pusat hiburan, mulai dari menonton film, hingga bermain game terkini sekalipun. Saat kami uji dengan menggunakan prosesor Intel Core i7 4790K, VGA MSI GTX 760, dan RAM 8GB, PC mungil ini mampu memperoleh skor yang cukup tinggi, yaitu 3.786 poin dengan menggunakan PC Mark 8.

Karena menggunakan motherboard MSI, PC mungil ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur khas MSI, seperti Killer LAN, hingga Audio Boost. Meskipun demikian, performa bukanlah fokus kami pada MSI Nightblade B85 kali ini karena spesifikasinya dapat berubah sesuai dengan kebutuhan penggunanya.



Kelebihgan utama dari MSI Nightblade B85 adalah ruang upgrade-nya. Meskipun memiliki casing berukuran mini, ia dirancang khusus untuk menyediakan ruang upgrade yang hampir seperti PC berukuran standar. Anda masih dapat menyelipkan berbagai macam komponen layaknya PC biasa pada MSI Nightblade B85, mulai dari kartu grafis kelas atas, hingga hard disk yang dapat dipasang sebanyak tiga buah.

MSI Nightblade B85 menggunakan Intel LGA 1150 sebagai platform-nya, dan dapat menampung RAM DDR3L sebanyak dua keping. MSI Nightblade B85 dilengkapi dengan tiga hard drive bay (dua hard drive bay 2,5" dan satu hard drive bay 3.5") yang dapat digunakan untuk menyimpan hard disk maupun SSD.

Bagian yang paling menarik dari MSI Nightblade B85 adalah ruang untuk menyimpan kartu grafis berukuran besar. Ruang kartu grafis tersebut berada di bagian bawah casing dan telah dilengkapi dengan lubang udara lengkap dengan filter-nya agar sirkulasi udaranya lancar.



Casing MSI Nightblade B85 juga telah dirancang khusus agar penggunanya dapat memasang setiap komponen dengan mudah. Setiap komponen tersebut telah diposisikan dengan sangat baik, sehingga mudah untuk dibongkar-pasang. Tidak hanya itu, MSI Nightblade B85 juga mudah dibersihkan karena filter dan penutup casing-nya sangat mudah untuk dilepas.

Sebagai fitur tambahan, MSI juga menempatkan empat buah port USB 3.0 di bagian depan beserta sebuah port audio dan port mikrofon 3,5mm. Bersama dengan port tersebut, MSI juga menyematkan sebuah tombol khusus bernama OC Button.

Tombol tersebut memungkinkan Anda melakukan overclocking instan pada sistem MSI Nightblade B85. Tentu, untuk melakukannya, Anda harus menggunakan prosesor Intel yang telah di-unlock.



MSI Nightblade B85 merupakan sebuah PC barebone yang dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin membangun sebuah PC mungil, bertenaga, dan mudah di-upgrade. MSI Nightblade B85 dibanderol dengan harga Rp5.295.000 dan telah tersedia di Indonesia melalui distributor resminya, yaitu Alfa Artha Andhaya.


(ABE)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA