Alasan Mengapa Wanita Gampang Menggigil

   •    Senin, 24 Aug 2015 14:46 WIB
kesehatan
Alasan Mengapa Wanita Gampang Menggigil
Ilustrasi (Foto: huffingtonpost.com)

Metrotvnews.com: Pernahkah Anda menggigil? Wajar bila Anda menggigil saat berada di suhu dingin. Namun, beberapa orang kerap menggigil tanpa sebab meski suhu di ruangan tersebut normal atau bahkan mungkin orang-orang di sekitarnya justru merasa kegerahan. 

Menurut beberapa ahli, wanita lebih mudah terserang suhu dingin ketimbang pria. Dan berikut alasannya mengapa ada fenomena semacam ini.

1. Tubuh Anda terlalu 'tipis'
Karena Anda kurus, tidak banyak lemak yang mampu melindungi Anda dari suhu dingin. Maka dari itu, jangan pernah melewatkan makan hanya untuk menjaga berat badan Anda. Sebab itu malah akan memperburuk metabolisme Anda.

2. Anda memiliki ketidakseimbangan tiroid
Sekresi yang tidak memadai dari tiroid memperlambat metabolisme, dan mencegah tubuh Anda menghasilkan panas yang dibutuhkan. Tanda-tanda lain dari hipotiroidisme adalah rambut menipis, kulit kering dan kelelahan.

3. Kurang tidur
Saat malam hari dan Anda merasa menggigil sendirian itu karena sebelumnya Anda kurang tidur. Metabolisme Anda bekerja pada kecepatan yang lebih lambat sehingga memproduksi lebih sedikit panas dan sirkulasi darah bekerja lebih lambat.

4. Dehidrasi
Air membantu untuk mengatur suhu tubuh, sehingga menjaga tubuh Anda selalu nyaman. Jadi bila Anda kekurangan air, tubuh Anda akan lebih sensitif terhadap suhu dingin.

5. Anemia
Besi adalah mineral penting yang membantu sel-sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda yang juga menghasilkan panas untuk tubuh. Tanpa cukup zat besi, sel darah merah tidak dapat secara efektif melakukan pekerjaan mereka dan Anda gampang menggigil. Makan sayuran berdaun lebih banyak agar zat besi Anda tercukupi.

6. Kekurangan vitamin B12
Tubuh Anda membutuhkan vitamin B12, yang berasal dari produk hewani, untuk membuat sel darah merah, yang membawa oksigen melalui sistem Anda. Jumlah yang tidak memadai dari B12 dalam darah dapat menyebabkan anemia pernisiosa atau kekurangan sel darah merah, sehingga membuat Anda menggigil.

7. Pria punya otot lebih banyak
Otot dalam tubuh membantu menjaga suhu tubuh dengan memproduksi panas dengan tepat. Wanita lebih sering merasa dingin daripada pria karena mereka memiliki otot yang lebih sedikit. Sebenarnya Anda tidak perlu berolahraga terlalu keras, tapi Anda masih bisa membangun sedikit otot dalam tubuh agar tubuh Anda lebih hangat. (Sumarni/ Idiva)


(AWP)

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

2 hours Ago

Kasus hukum yang menjerat Novanto adalah pidana dan di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) an…

BERITA LAINNYA