Pemprov DKI Tak Tahu Jumlah KK Kampung Pulo yang Harus Direlokasi

Intan fauzi    •    Senin, 24 Aug 2015 14:56 WIB
penggusuran kampung pulo
Pemprov DKI Tak Tahu Jumlah KK Kampung Pulo yang Harus Direlokasi
Kepala Dinas Pembangunan dan Gedung DKI Jakarta Ika Lestari Aji. (Foto: MTVN/Intan Fauzi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga saat ini tidak mengetahui berapa jumlah kepala keluarga yang harus direlokasi dari Kampung Pulo ke rumah susun sewa Jatinegara Barat. Dinas Pembangunan dan Gedung DKI Jakarta fokus memasukkan warga ke rusun dan menyelesaikan masalah belakangan.
 
"Saat ini dari perumahan masih menunggu data, masih akan mencari data itu apakah benar ada 900-an (KK) di Kampng Pulo? Kami belum pegang data itu," kata Kepala Dinas Pembangunan dan Gedung DKI Jakarta Ika Lestari Aji di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (24/8/2015).
 
Ika berharap, warga yang sudah mendapat undian menempati rusun segera ambil kunci dan menempati hak mereka di rusun Jatinegara Barat. Selebihnya, Dinas Perumahan dan Gedung akan mendata berapa jumlah KK yang berhak tinggal di rusun.
 
"Strategi kami masuk saja dulu ke rusun, nanti kami selesaikan persoalan demi persoalan. Soal di mana, nanti rapat yang akan menentukan. Kami masih inventarisir data, yang penting masuk dulu ke rusun nanti ada relawan atau dari kami lakukan pendataan dan kami lihat situasinya," ujarnya.
 
Ika berjanji menyelesaikan semua permasalahan bertahap. Ia tak ingin menimbulkan kecemburuan kepada masyatakat, mengingat relokasi tidak hanya dilakukan kepada warga Kampung Pulo saja.
 
"Kami khawatir menimbulkan kecemburuan. Relokasi kan di mana-mana, sementara kapasitas rusun kami terbatas. Kalau yang satu diprioritaskan dan yang lain tidak, nanti jadi preseden buruk juga buat kami di perumahan," ujarnya.
 
Rusun Jatinegara Barat hanya menyediakan sebanyak 520 unit, sedangkan warga Kampung Pulo dikerkirakan mencapai 900 KK. Sementara hingga saat ini baru 456 KK yang ambil undian dan 417 diantaranya sudah mengambil kunci.
 
"Kalau rusun sudah disediakan banyak, kita akan berikan kepada mereka yang betul-betul membutuhkan," katanya.


(FZN)

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

2 hours Ago

Kasus hukum yang menjerat Novanto adalah pidana dan di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) an…

BERITA LAINNYA