Pola untuk Mengunci Android Masih Gampang Ditebak

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 24 Aug 2015 15:14 WIB
android
Pola untuk Mengunci Android Masih Gampang Ditebak
Saat membuat pola untuk ALP, orang-orang memiliki kecenderungan tertentu.

Metrotvnews.com: Sebagian orang masih menggunakan password yang mudah ditebak seperti "123456" atau mungkin "password". Android lock patterns (ALP) - pola kunci Android - merupakan sebuah alternatif dari password. Meskipun begitu, sebuah penelitian membuktikan bahwa ALP juga masih mudah ditebak.

Marte Loge, wanita lulusan Norwegian University of Science and Technology, melakukan analisis pada 4.000 pola ALP untuk thesis gelar Master miliknya. Dan berdasarkan survei tersebut, terlihat bahwa 77 persen responden memulai pola mereka dari salah satu sudut. Sementara 44 persen responden memulai pola ALP dari titik kiri atas.

Loge mempresentasikan hasil penelitian yang dia lakukan pada konferensi PasswordsCon di Las Vegas. Kepada Ars Technica Loge berkata, "Kami melihat baik ada aspek yang sama saat seseorang membuat ALP atau membuat kode PIN atau password."

Berdasarkan survei yang dia lakukan, Loge mengambil kesimpulan bahwa sebagian pola yang dibuat para responden hanya menggunakan 4 titik. Dan pola yang menggunakan 8 titik adalah pola yang paling jarang digunakan. Selain itu, 10 persen dari pola yang dibuat oleh responden membentuk pola huruf, seperti C, M atau N. Dan biasanya, huruf tersebut adalah huruf pertama dari nama orang tersayang responden.

Jika Anda ingin memastikan ponsel Anda aman saat Anda menggunakan ALP sebagai kunci, Loge menyarankan bahwa sebaiknya Anda tidak memulai pola dari sudut. Selain itu, gunakan sebanyak mungkin titik dan matikan fungsi "make pattern visible" - buat pola terlihat - pada ponsel Anda. Dan yang terakhir, pastikan Anda membersihkan layar ponsel Anda secara berkala, karena bekas jari Anda dapat menunjukkan pola yang Anda gunakan. (Engadget)


(ABE)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

30 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA