Dirut Pelindo II Dilaporkan ke Bareskrim

Damar Iradat    •    Senin, 24 Aug 2015 16:03 WIB
pelindo
Dirut Pelindo II Dilaporkan ke Bareskrim
Bareskrim Polri,--Foto: MI/Dwi Pramadai.

Metrotvnews.com, Jakarta: Serikat Pekerja Jakarta International Container Terminal (SP JICT) melaporkan Direktur Utama Pelindo II R.J. Lino ke Bareskrim Polri. Laporan terkait dugaan tindak pidana fitnah dengan nomor TBL 603/VIII/2015/Bareskrim.

Kuasa hukum SP JICT Malik Bawazir membeberkan, kedatangan mereka ke Bareskrim untuk mengajukan hak hukum SP JICT. Lino diduga telah memfitnah, pencemaran nama baik, sekaligus perbuatan pidana yang diatur dalam Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Tindak pidana ini diduga dilakukan RJL Dirut Pelindo II. Dilakukan secara sistematis dengan konten kata-kata yang sangat tendensius dan tidak manusiawi," kata Malik di Gedung Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Senin (24/8/2015).

Malik juga menyayangkan apa yang dilakukan oleh RJL. Apalagi, RJL memiliki status sebagai salah satu direksi dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Apalagi yang mengatakan selaku Dirut BUMN. Direksi BUMN kan sebagai pelayan publik. Seharusnya, RJL selaku direksi BUMN dan pelayan publik harus mengerti prinsip kehati-hatian dalam ruang publik," paparnya.

Perkataan RJL yang jadi polemik keluar pada 6 Agustus silam di berbagai media. Dalam pemberitaan, RJL menuduh SP JICT sebagai ‘bandit’, ‘melakukan sabotase’ dan ‘tidak nasionalis’. Komentar RJL ini sebetulnya tak lepas dari aksi mogok yang dilakukan SP JICT bulan Juli lalu.

"Untuk menyatakan pendapat itu merupakan hak asasi yang diatur dalam Undang-undang. Mana mungkin aksi solidaritas yang jelas berjiwa nasionalis melakukan penolakan terhadap perpanjangan konsesi dapat dikriminalisasi, dikatain bandit, musuh negara, sementar mereka generasi muda dalam menolak perpanjangan konsesi. Dan perpanjangan konsesi ini juga kan melawan hukum," beber dia.

SP JICT mengajukan tiga laporan kepada Bareskrim Polri. Antara lain, pencemaran nama baik, fitnah, penghinaan, serta UU serikat pidana. Selain itu DRU, Dirut Pelindo lainnya juga dilaporkan.

Kuasa hukumum SP JICT pun telah menyerahkan barang bukti seperti kutipan pernyataan RJL yang berada di media-media, serta saksi ahli jiga sudah diajukan.


(MBM)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA